SOUND RECORD “SELAMAT DATANG DI CURUG CIKONENG” DAN LAMPU OTOMATIS BERBASIS MOTION GESTURE
Abstract
Turning on the lights in the room is still done manually by pressing the light button. Switches, as electrical devices, are used to turn lights on or off. There are many innovative ways to make human tasks easier, one of which is by using motion sensors that replace manual switches. This research uses a motion sensor as a control to flow or cut off electric current without any physical contact between the user and the device being controlled. This research is the development of an ESP32-based system as a Wi-Fi module that integrates sound technology, automatic lights, and food ordering buttons connected to the Blynk application. This research is designed to provide innovative solutions in organizing the environment and services of a food court. The sound system is implemented through the ESP32 to record and play sound as needed. Automatic lights use PIR sensors to detect movement and control lighting automatically. The food ordering button integrates with the Blynk app allowing real-time monitoring of button activity to manage orders more effectively. The test and evaluation results show that this research succeeded in achieving its objectives well. This system can increase user comfort, energy efficiency, and provide monitoring through the Blynk application. Further analysis can be performed to improve functionality and adapt this system to specific user needs.
Keywords: Blynk, ESP32, Lights, Monitoring, Motion Snesor.
ABSTRAK
Untuk menyalakan lampu di dalam ruangan masih dilakukan secara manual dengan menekan tombol lampu. Saklar, sebagai perangkat listrik, digunakan untuk menghidupkan atau mematikan lampu. Ada banyak cara inovatif untuk mempermudah tugas manusia, salah satunya adalah dengan menggunakan sensor gerak yang menggantikan saklar manual. Penelitian ini menggunakan sensor gerak sebagai kontrol untuk mengalirkan atau memutus arus listrik tanpa adanya kontak fisik antara pengguna dan perangkat yang dikendalikan. Penelitian ini merupakan pengembangan sistem berbasis ESP32 sebagai modul Wi-Fi yang mengintegrasikan teknologi suara, lampu otomatis, dan tombol pemesanan makanan yang terhubung dengan aplikasi Blynk. Penelitian ini dirancang untuk memberikan solusi inovatif dalam pengaturan lingkungan dan layanan sebuah food court. Sistem suara diimplementasikan melalui ESP32 untuk merekam dan memutar suara sesuai kebutuhan. Lampu otomatis menggunakan sensor PIR untuk mendeteksi gerakan dan mengontrol pencahayaan secara otomatis. Tombol pemesanan makanan terintegrasi dengan aplikasi Blynk yang memungkinkan pemantauan secara real-time dari aktivitas tombol untuk mengelola pesanan dengan lebih efektif. Hasil pengujian dan evaluasi menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil mencapai tujuannya dengan baik. Sistem ini dapat meningkatkan kenyamanan pengguna, efisiensi energi, dan memberikan pemantauan melalui aplikasi Blynk. Analisis lebih lanjut dapat dilakukan untuk meningkatkan fungsionalitas dan menyesuaikan sistem ini dengan kebutuhan spesifik pengguna.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
H. Sukmana, “Pengaruh Inovasi Destinasi Wisata Berbasis E-Government dan Partisipasi Masyarakat terhadap Pembangunan Berkelanjutan di Pulau Lusi,” Jurnal Nuansa Akademik, vol. 8, no. 1, hal. 163–174, Mar. 2023.
D. E. Kurniawan dan S. Fani, “Perancangan Sistem Kamera Pengawas Berbasis Perangkat Bergerak Menggunakan Raspberry Pi,” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, vol. 3, no. 2, hal. 140–146, Apr. 2017.
T. J. Wungkana, S. Sawidin, N. Sajangbati, T. T. Pairunan, dan B. A. P. Loegimin, “Aplikasi Sensor Gesture Untuk Kendali Lampu Dengan NODEMCU ESP8266,” dalam Prosiding Seminar Nasional Produk Terapan Unggulan Vokasi, vol. 1, no. 2, hal. 97–107, 2022.
M. Y. Fariska, “Sistem Kendali Lampu Rumah Menggunakan Bluetooth Berbasis Arduino,” skripsi, Fakultas Teknik dan Komputer, Universitas Putera Batam, 2021.
R. P. Pratama, A. Mas’ud, C. Niswatin, dan A. A. Rafiq, “Implementasi DFPlayer untuk Al-Qur’an Digital berbasis Mikrokontroler ESP32,” INVOTEK, vol. 20, no. 2, hal. 51–58, Jun. 2020, doi: 10.24036/invotek.v20i2.768.
A. Setiawan dan S. D. Ramdan, “Penerapan dan Memahami pada Rangkaian Amplifier,” Rapoteknologi.id, vol. 2, no. 1, hal. 1–9, 2022.
Suryono dan Supriyati, “Rancang Bangun Sensor Gesture Sebagai Pengganti Saklar Pengontrol Lampu Tanpa Sentuhan,” ORBITH, vol. 17, no. 1, hal. 12–22, Mar. 2021.
T. J. Wungkana, N. Sajangbati, T. T. Pairunan, B. A. P. Loegimin, dan S. Sawidin, “Kontrol Penerangan Ruangan Dengan Gerakan Tangan Berbasis NodeMCU ESP8266,” Jambura Journal of Electrical and Electronics Engineering, vol. 5, no. 1, hal. 18–22, Jan. 2023.
A. Wagyana, “Prototipe Modul Praktik untuk Pengembangan Aplikasi Internet of Things (IoT),” Jurnal Ilmiah Setrum, vol. 8, no. 1, hal. 238–247, Des. 2019, doi: 10.36055/setrum.v8i2.6561.
M. Nizam, H. Yuana, dan Z. Wulansari, “Mikrokontroler Esp 32 Sebagai Alat Monitoring Pintu Berbasis Web,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 6, no. 2, hal. 767–772, Sep. 2022.
Hartono dan Y. Praharto, “Alarm Penjadwalan Kegiatan Dengan Layar Sentuh Berbasis Arduino Mega2560 Yang Terintegrasi Perangkat DF Player,” ITEKS, vol. 13, no. 2, hal. 33–45, Okt. 2021.
Desmira, D. Aribowo, W. Dwi Nugroho, dan Sutarti, “Penerapan Sensor Passive Infrared (Pir) Pada Pintu Otomatis Di Pt Lg Electronic Indonesia,” Jurnal PROSISKO, vol. 7, no. 1, hal. 1–7, 2020.
D. Saputra dan V. Arinal, “Perancangan Home Automation Dalam Mengontrol Lampu dan Kipas Menggunakan Blynk Berbasis Nodemcu,” Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH), vol. 1, no. 7, hal. 598–606, Jul. 2021.
M. Artiyasa, A. Nita Rostini, Edwinanto, dan A. P. Junfithrana, “Aplikasi Smart Home Node Mcu IoT Untuk Blynk,” Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra, vol. 7, no. 1, hal. 1–7, Sep. 2020.
R. E. Standsyah dan I. S. R. N.S, “Implementasi Phpmyadmin Pada Rancangan Sistem Pengadministrasian,” Unisda Journal of Mathematics and Computer Science, vol. 3, no. 2, hal. 38–44, Des. 2017.
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/elektrika.v16i1.8280
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.