Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Elektrika?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Naskah ditulis dalam bahasa Inggris atau Indonesia. Naskah akan ditinjau terlebih dahulu oleh dewan editorial. Teks utama naskah harus diserahkan sebagai dokumen Word (.doc) atau file Rich Text Format (.rtf). Naskah terdiri dari 5000 kata (minimum), diketik dengan baik dalam satu kolom pada kertas ukuran A4 (210 x 297 mm) dan dengan margin kiri 16 mm, margin kanan 16 mm, margin bawah 25 mm, dan margin atas 19 mm; type Font menggunakan Times New Roman dengan ukuran font 11 pt kecuali judul artikel dengan font ukuran 12 pt, dan deskripsi penulisan gambar, tabel dengan ukuran font 9 pt. Naskah berisi karya asli dan memiliki potensi untuk berkontribusi pada kemajuan yang sangat ilmiah.

Unduh Template 

Naskah harus berisi bagian berikut dalam urutan ini:
a. Judul
Judul artikel dalam bahasa Inggris harus menggambarkan isi utama naskah, bersifat informatif, ringkas, dan tidak terlalu bertele-tele (hanya 12-15 kata), dan tidak mengandung formula. Ukuran font 12 pt.
b. Nama penulis Nama
lengkap tanpa gelar dan gelar akademis, ditulis dengan huruf kapital. Naskah yang ditulis oleh kelompok perlu ditambah dengan rincian kontak lengkap. Ukuran font 10 pt.
c. Nama afiliasi untuk setiap penulis
Nama penulis harus disertai dengan alamat afiliasi lengkap, nomor kode pos, nomor telepon, dan alamat email. Ukuran font 10 pt.
d. Abstrak
Ditulis secara singkat dalam bahasa Inggris dalam satu paragraf berisi 150-200 kata, berisi latar belakang, tujuan penelitian, metodologi, hasil, kesimpulan penelitian dan kontribusi penelitian Anda pada sains. Ukuran font 10 pt.
e. Kata kunci
Ditulis dalam bahasa Inggris 3-5 kata atau kelompok kata, ditulis menurut abjad. Ukuran font 10 pt.
f. Pendahuluan 
Menjelaskan latar belakang, masalah, pentingnya penelitian, tinjauan literatur singkat yang berhubungan langsung dengan penelitian atau temuan sebelumnya yang perlu dikembangkan, dan diakhiri dengan paragraf tujuan penelitian. Keseimbangan harus dijaga antara aspek murni dan terapan subjek. Pendahuluan disajikan dalam bentuk paragraf sekitar 1000 kata. Ukuran font 11 pt.
g. Metode
Pastikan pekerjaan itu dapat diulang sesuai dengan rincian yang disediakan. Ini berisi informasi teknis dari penelitian yang disajikan dengan jelas. Oleh karena itu, pembaca dapat melakukan penelitian berdasarkan teknik yang disajikan. Diperlukan spesifikasi material dan peralatan. Pendekatan atau prosedur studi bersama dengan metode analisis data harus disajikan. Ukuran font 11 pt.
h. Hasil dan Diskusi 
Tabel dan atau angka yang disiapkan dengan baik harus merupakan fitur penting dari bagian ini, karena mereka menyampaikan pengamatan utama kepada pembaca. Setiap informasi yang diberikan dalam tabel dan gambar tidak boleh lagi diulang dalam teks, tetapi teks harus fokus pada pentingnya temuan utama penelitian. Secara umum, makalah jurnal akan berisi tiga-tujuh angka dan tabel. Data yang sama tidak dapat disajikan dalam bentuk tabel dan gambar. Hasil penelitian dibahas untuk mengatasi masalah yang dirumuskan, tujuan dan hipotesis penelitian. Sangat disarankan agar diskusi difokuskan pada mengapa dan bagaimana temuan-temuan penelitian dapat terjadi dan sampai sejauh mana temuan-temuan penelitian dapat diterapkan pada masalah-masalah lain yang relevan. Ukuran font 11 pt.
saya. Kesimpulan 
Kesimpulan harus ditarik berdasarkan temuan penelitian, rumusan masalah dan tujuan penelitian. Kesimpulan disajikan dalam satu paragraf tanpa bentuk ekspresi numerik. Jelaskan kontribusi riset Anda pada sains. Ukuran font 11 pt.
j. Pengakuan 
Kontributor yang tidak disebutkan sebagai penulis harus diakui, dan kontribusi khusus mereka harus dijelaskan. Semua sumber pendanaan untuk pekerjaan harus diakui, baik pemberi dana penelitian dan nomor hibah (jika berlaku) harus diberikan untuk setiap sumber dana. Ukuran font 11 pt.
k. Referensi
Naskah ditulis dengan menggunakan aplikasi kutipan standar (Mendeley / Endnote / Zotero). Semua referensi yang dirujuk dalam teks artikel harus dicantumkan di bagian Referensi. Referensi harus mengandung setidaknya  15 (lima belas) referensi  dari 80% sumber primer (jurnal ilmiah, prosiding konferensi, buku referensi penelitian) yang diterbitkan dalam waktu  10 (sepuluh)  tahun. Format kutipan dan referensi harus mengikuti format IEEE. Ukuran font 10 pt.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Pengajuan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan (atau penjelasan telah disediakan di Komentar untuk Editor).
  2. File pengiriman dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks ini memiliki spasi tunggal; menggunakan font 12 poin; menggunakan huruf miring, bukan garis bawah (kecuali dengan alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang sesuai, bukan di akhir.
  5. Teks mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Pedoman Penulis , yang ditemukan di Tentang Jurnal.
  6. Jika mengirimkan ke bagian jurnal yang ditinjau oleh rekan sejawat, instruksi dalam Memastikan Kajian Buta telah diikuti.
 

Copyright Notice

Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:

Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0  yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.

Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (mis., Mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.

Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat  The Pengaruh Akses Terbuka ).

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)

Fast-Track Review: 0.00 (IDR)

Article Publication: 0.00 (IDR)