IMPLEMENTASI MANAJEMEN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN METODE AGILE PADA KPU KOTA SURABAYA

Achmad Zaffri Maulana, Aryo Nugroho

Abstract


Information technology has developed rapidly and has had a significant impact on various aspects of business life, allowing companies to compete more effectively with other companies in the same field. Information Technology Service Management (ITSM) is a concept that focuses on providing efficient and quality IT services in an organization, which in turn can increase individual and organizational productivity as a whole. The Surabaya City KPU faces several obstacles in recording inventory because it is still done manually, which causes the risk of losing inventory data. Additionally, inventory users often have difficulty reporting problems with the assets in use. This research aims to overcome these weaknesses by implementing a system that can assist the inventory process and improve services for users. In this research, open source software called GNU General Public License Infrastructure (GLPI) is used as an inventory and user service management system, with an Agile method approach. The implementation of this system is expected to increase inventory management efficiency and service quality at the Surabaya City KPU.

Keywords: Agile Methodology, Service Management, ITSM, GLPI.

ABSTRAK

Teknologi informasi telah berkembang pesat dan memberikan dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan bisnis, memungkinkan perusahaan bersaing lebih efektif dengan perusahaan lain di bidang yang sama. Manajemen Layanan Teknologi Informasi (ITSM) merupakan konsep yang berfokus pada penyediaan layanan TI yang efisien dan berkualitas dalam suatu organisasi, yang pada gilirannya dapat meningkatkan produktivitas individu dan organisasi secara keseluruhan. KPU Kota Surabaya menghadapi beberapa tantangan dalam hal pencatatan inventaris karena masih dilakukan secara manual, yang menyebabkan risiko kehilangan data inventaris. Selain itu, pengguna inventaris sering kali mengalami kesulitan melaporkan masalah terkait aset yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kelemahan tersebut dengan mengimplementasikan sistem yang dapat membantu proses inventarisasi serta meningkatkan layanan bagi pengguna. Dalam penelitian ini, digunakan perangkat lunak open source bernama GNU General Public License Infrastructure (GLPI) sebagai sistem manajemen inventaris dan layanan pengguna, dengan pendekatan metode Agile. Implementasi sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi manajemen inventaris serta kualitas layanan di KPU Kota Surabaya.

Keywords


Metodologi Agile, Manajemen Layanan, ITSM, GLPI

Full Text:

PDF

References


C. A. Putra dan T. Sutabri, “Analisis IT Service Management (ITSM) Layanan GoFood Menggunakan Framework ITIL V3,” J. Ilm. Bin. STMIK Bina Nusant. Jaya Lubuklinggau, vol. 5, no. 1, Art. no. 1, Apr 2023, doi: 10.52303/jb.v5i1.96.

D. N. R. Robby, “IMPLEMENTASI GLPI (GESTIONNAIRE LIBRE DE PARC INFORMATIQUE) UNTUK LAYANAN IT, MANAJEMEN ASET DAN RESERVASI ASET,” 14 Juni 2020, OSF. doi: 10.31219/osf.io/3baqh.

E. Prisanda dan R. Febrina, “Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi Berbasis Aplikasi SISPEDAL Dalam Rangka Mewujudkan Good Village Governance,” J. Gov. Innov., vol. 3, no. 2, hlm. 155–171, Sep 2021, doi: 10.36636/jogiv.v3i2.723.

L. Robbi, “Rancang bangun Inventory IT Asset Management berbasis Local Server untuk Optimalisasi layanan IT di PT. Titis Sampurna,” Ranc. Bangun Inventory IT Asset Manag. Berbas. Local Serv. Untuk Optim. Layanan IT PT Titis Sampurna, Apr 2021, Diakses: 17 Mei 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://www.binadarma.ac.id/

B. W. Suhanjoyo dan A. Nugroho, “Perancangan Aplikasi Gugus Penjualan Terintegrasi ERP dengan Metode Gabungan Prototype Agile,” dalam Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2020). Malang: Universitas Widyagama. http://publishing-widyagama. ac. id/ejournalv2/index. php/ciastech/article/view/1902/1342, 2020. Diakses: 17 Mei 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://www.academia.edu/download/86181967/1902-4786-1-SM.pdf

D. Krismayanti dan T. Sutabri, “Analisis IT Service Management (ITSM) Pada Layanan Administrasi Mahasiswa STIPER Sriwigama Menggunakan Framewok ITIL V3,” Indones. J. Multidiscip. Soc. Technol., vol. 1, no. 3, Art. no. 3, Mei 2023, doi: 10.31004/ijmst.v1i3.149.

A. M. Fiqri dan T. Sutabri, “Analisis Manajemen Layanan E - Learning Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL Versi 3 Pada SMK Muhammadiyah 1 Palembang,” Indones. J. Multidiscip. Soc. Technol., vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Jun 2023, doi: 10.31004/ijmst.v1i2.122.

Y. Tasya dan A. H. Lubis, “Penerapan Gestionnaire Libre De Parc Informatique (GLPI) Pada PT. PGAS Telekomunikasi Nusantara (Pgncom),” J. Ekon. Teknol. Dan Bisnis JETBIS, vol. 1, no. 4, hlm. 161–175, Des 2022, doi: 10.57185/jetbis.v1i4.22.

M. N. Azizah, D. I. A. Setianti, dan A. Nugroho, “Penerapan Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) Pada Sektor UMKM,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 6, no. 1, Art. no. 1, Jan 2024, doi: 10.47233/jteksis.v6i1.1090.

C. I. Safitri, D. Supriyadi, dan S. Astiti, “Analisis Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework (ITIL) V3,” Jupit. J. Penelit. Ilmu Dan Teknol. Komput., vol. 13, no. 1, Art. no. 1, Apr 2021.

S. H. Nova, A. P. Widodo, dan B. Warsito, “Analisis Metode Agile pada Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: Systematic Literature Review,” Techno.Com, vol. 21, no. 1, Art. no. 1, Feb 2022, doi: 10.33633/tc.v21i1.5659.

D. Herlinudinkhaji dan L. K. Ramadhani, “Tata Kelola Layanan Teknologi Informasi dengan ITIL V4 untuk Estimasi Layanan,” REMIK Ris. Dan E-J. Manaj. Inform. Komput., vol. 7, no. 1, Art. no. 1, Jan 2023, doi: 10.33395/remik.v7i1.12058.

A. Soetedjo dan R. Sidik, “Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Layanan Perpustakaan SMK Merdeka Bandung,” J. Teknol. Dan Inf., vol. 9, no. 2, hlm. 115–127, Agu 2019, doi: 10.34010/jati.v9i2.1793.

E. Arribe, R. Hafsari, A. A. Subekti, dan A. H. Aragati, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN INVENTORI PADA RETAIL PT. STARS INTERNASIONAL,” PROSISKO J. Pengemb. Ris. Dan Obs. Sist. Komput., vol. 10, no. 2, Art. no. 2, Agu 2023, doi: 10.30656/prosisko.v10i2.6933.

R. Setiyanto, N. Nurmaesah, dan N. S. A. Rahayu, “Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Studi Kasus di Vahncollections,” J. SISFOTEK Glob., vol. 9, no. 1, Mar 2019, doi: 10.38101/sisfotek.v9i1.267.

R. Hafsari, E. Aribe, dan N. Maulana, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN INVENTORI DAN PENJUALAN PADA PERUSAHAAN PT.INHUTANI V,” PROSISKO J. Pengemb. Ris. Dan Obs. Sist. Komput., vol. 10, no. 2, Art. no. 2, Agu 2023, doi: 10.30656/prosisko.v10i2.7001.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/elektrika.v16i2.10564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office: Electrical Engineering Lecturer Room, 7th Floor of Menara USM Building, Universitas Semarang, Jalan Soekarno - Hatta, Tlogosari, Semarang - Central Java Tel:(024) 6702757 Fax: (024) 6702272, Email: elektrika@usm.ac.id

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.