Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Camtasia Pada Kelompok Kerja Madrasah Ma arif NU Demak

Khoirudin Khoirudin, Titin Winarti, Titis Handayani

Abstract


Kegiatan pengabdian ini melatih guru-guru di KKM Ma Arif NU Demak dalam membuat video pembelajaran dengan memanfaatkan Aplikasi Camtasia Studio, adapun khalayak sasaran dalam kegiatan ini adalah guru-guru KKM Ma Arif NU.   Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran yang menarik dan selanjutnya dapat dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran pada lingkungan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Ma Arif NU Demak, secara khusus yang ingin dicapai adalah peningkatan kreatifitas guru dalam merancang dan menggunakan media pembelajaran video sehingga pembelajaran di sekolah khususnya selama pandemic covid-19 akan lebih menarik. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini berupa metode pelatihan dan diskusi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan peserta yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil kuisioner sebesar 92% pada evaluasi post test, artinya adalah bahwa peserta PkM telah memahami materi peningkatan kompetensi digital dengan menggunakan Camtasia sebagai media pembelajaran. Dengan peningkatan kompetensi digital tersebut maka diharapkan para guru Madrasah Aliyah (MA) NU di KKM Ma Arif NU Kabupaten Demak dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menggunakan aplikasi Camtasia.

Full Text:

PDF

References


Aripin (2009) Step by Step Membuat Video Tutorial Menggunakan Camtasia Studio. Oase Media.

Budiman, H. (2017) Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan , Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), pp. 31 43.

Gowasa, S., Harahap, F. and Suyanti, R. D. (2019) Perbedaan penggunaan media powerpoint dan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan retensi memori siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD , Jurnal Tematik, 9(1), pp. 19 27.

Musfiqon, H. M. (2012) Pengembangan media dan sumber pembelajaran , Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Mustafa, M. S. et al. (2018) Data mining with Microsoft SQL server 2008 , Creative Information Technology Journal. John Wiley & Sons, 4(2), pp. 151 162.

Putri, V. R. (2019) Memaksimalkan kompetensi guru melalui fitur kelas maya dalam pembelajaran bahasa arab sebagai inovasi pembelajaran jaman now , Proceeding IAIN Batusangkar, 3(1), pp. 323 332.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/dimastik.v1i1.6081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.