PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS YANG INOVATIF BAGI SISWA KELAS XII DI MADRASAH ALIYAH 1 SEMARANG
Abstract
Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Pembelajaran Bahasa Inggris yang Inovatif bagi Siswa Kelas XII di Madrasah Aliyah 1 Semarang bertujuan mengatasi beberapa masalah yang dihadapi siswa, seperti rendahnya motivasi belajar bahasa Inggris siswa, keterbatasan fasilitas pembelajaran berbasis teknologi, dan pendekatan pengajaran yang masih tradisional. Siswa kelas XII cenderung kesulitan mengembangkan keterampilan berbicara dan mendengar, karena pembelajaran lebih banyak berfokus pada tata bahasa dan penerjemahan. Oleh karena itu, program ini bertujuan meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa melalui pemanfaatan teknologi digital yang interaktif. Program ini memberikan pelatihan kepada siswa dalam memanfaatkan aplikasi pembelajaran bahasa Inggris seperti Duolingo, Quizlet, dan Kahoot!, untuk mendukung proses belajar secara lebih inovatif. Pelatihan siswa difokuskan pada cara mengintegrasikan teknologi dalam proses pengajaran, sementara siswa akan didampingi dalam menggunakan aplikasi tersebut untuk meningkatkan keterampilan berbahasa mereka. Selain itu, metode pengajaran diintegrasikan dengan aktivitas berbasis teknologi, seperti kuis interaktif dan latihan berbicara, yang dirancang untuk meningkatkan partisipasi siswa. Program ini juga melibatkan evaluasi berkala melalui tes keterampilan dan survei untuk memantau perkembangan siswa. Program ini mampu meningkatkan motivasi dan keterampilan bahasa Inggris siswa kelas XII di Madrasah Aliyah 1 Semarang secara signifikan.
@font-face {font-family:"Cambria Math"; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-536870145 1107305727 0 0 415 0;}p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; margin:0cm; text-align:center; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Times New Roman",serif; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-ansi-language:EN-US;}.MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; font-size:11.0pt; mso-ansi-font-size:11.0pt; mso-bidi-font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-font-kerning:0pt; mso-ligatures:none; mso-ansi-language:EN-US;}.MsoPapDefault {mso-style-type:export-only; margin-bottom:10.0pt; line-height:115%;}div.WordSection1 {page:WordSection1;}Full Text:
PDFReferences
Asare, Samuel., & Alhassan, Hamidu. (2023). The Impact of Integrating Information Technology in Teaching English in College of Education: A Systematic Review" (2023). DOI: 10.54536/ajet.v2i3.1840
Bondarenko, Olessandra. & Haieva, Polina (2024). Role of Digital Technologies for Inclusion, Accessibilty and Equaty in Higher Education. Journal of Digital Inclusion in English Language Teaching.
Lin Chen, Meng (2022). The Impact of Mobile Learning on the Effectiveness of English Teaching and Learning: A Meta-Analysis. DOI: 10.1109/ACCESS.2022.3165017
Nursyamsiah, E. (2021). Penggunaan Media Aplikasi Duolingo dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Agrabinta Cianjur. Jurnal Paedagogy, 8(1), 67-77 http://doi.org/10.33394/jp.v8il.3251
Saleh, Khoirul. & Rukiyah, Ity. & Arbin, Muhammad. (2021. Blended Learning as a Developmental Model Strategy of Teaching and Learning in Islamic University in Indonesia. Jurnal Dinamika Ilmu. 21(2). DOI: doi: http://doi.org/10.21093/di.v21i1.3809
Suryani, Y. N., Rifaat, A.A., Fitri, A., (2022) Belajar Bahasa Inggris Mandiri Menggunakan Aplikasi Duolingo Bagi Anak-Anak Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 6, No.3, Desember 2022 (pp. 745-755)
Vesselinov, R., & Grego, J. (2012). Duolingo Effectiveness Study. Final Report, City University of New York, 28 (1-25).
Yundayani, A. (2019). Technological Pedagogical and Content Knowledge: Konsep Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.
Yuningsih, N., Herlina, H., & Astuti, S. (2020). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris dan Keterampilan Menulis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II (pp. 36-39).
Yundayani, A., Herlina, H. & Astuti, S. (2021). Penggunaan Duolingo Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 244-254)
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/dimastik.v3i1.11342
Refbacks
- There are currently no refbacks.