Pola Asuh Orang Tua Dan Perundungan (Bullying) Pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.26623/rjp.v3i2.5392Keywords:
Parenting style, BullyingAbstract
Sekolah merupakan tempat dimana seorang menimba ilmu dan membentuk karakter menjaddi lebih baik dan positif. Kasus kekerasan atau perundungan di sekolah justru kini muncul dan banyak diperbincangkan. perundungan (Bullying) merupakan perilaku menyakiti dan melukai orang lain secara berulangkali. Orang tua memiliki peranan yang sangat penting bagi anak agar meminimalisir perilaku perundungan. Dimana orang tua cenderung akan memberikan informasi pentingnya berempati, saling menghargai dengan sesama dan juga tidak melakukan kekerasan kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola asuh seperti apa yang mencegah perundungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif literatur review dengan menganalisis jurnal penelitian yang berkaitan dengan pola asuh orang tua dan perilaku perundungan.References
Ahmed, E., & Braithwaite, V. (2004). Bullying and Victimization: Cause for Concern for both
Families and Schools. 34(October 2004). https://doi.org/10.1023/B
Hawari, D. (2001). Pendekatan holistik pada gangguan jiwa : skizofre.
Manalu, L. O., Patimah, S. S., & Haryanto, M. S. (2019). Hubungan Pola Asuh Orangtua
terhadap Perilaku Bullying di SMA Al-Mas’udiyah Cigondewah Hilir Kabupaten
Bandung. Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah, 8(2), 147–153. https://stikesmu-sidrap.ejournal.id/JIKP/article/view/140
Ponny Retno, A. (2008). Meredam Bullying 3 cara Efektif MengatasiKekerasan pada Anak. PT
Grasindo.
Prasetyo, A. B. E. (2011). Bullying di Sekolah dan Dampaknya bagi Masa Depan Anak. ElTarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, IV(1), 19–26. https://stikesmu-sidrap.ejournal.id/JIKP/article/view/140
Reswara Journal of Psychology
ISSN 2986 - 6677
Volune : 3, No. 2 2024
Reswara Journal of Psychology Volume 3 No 2, Oktobe 2024 74
Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). Bullying di Sekolah : Kurangnya Empati Pelaku Bullying
dan Pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237.
https://doi.org/10.26714/jkj.7.3.2019.237-246
Ramadia, A., & Putri, R. K. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kejadian Perilaku
Bullying Pada Remaja di SMK Kota Bukittinggi. MENARA Ilmu, XIII(3), 1–9.
Sari, Y. P., & Azwar, W. (2018). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku
Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal
Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 333–367.
https://doi.org/10.24042/ijpmi.v10i2.2366
Setyawan, D. (2014). KPAI :Kasus Bullying dan Pendidikan Karakter.
https://www.kpai.go.id/publikasi/kpai-kasus-bullying-dan-pendidikan-karakter
Setyowati, W. E. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dan Perilaku Bullying Pada Siswa Sekolah
Dasar Di Kota Semarang. Adi Husada Nursing Journal, 5(1), 37–41.
Sofyan, S. W. (2013). Konseling Keluarga. Alfabeta.
Sugijokanto, S. 2014. (n.d.). Cegah Kekerasan pada Anak. PT Elex Media Komputindo.
Syofiyanti, D. (2016). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Bullying Remaja. Jurnal PPKn
& Hukum, 11(1), 67–85.
https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/3656
Wardani, L. K., & Fajriansyah, F. (2017). Perilaku Bullying Mahasiswa Kesehatan. Journal Of
Nursing Practice, 1(1), 17–23. https://doi.org/10.30994/jnp.v1i1.18
Downloads
Published
Issue
Section
License
The journal holds the copyright for each article published with work licensed simultaneously under a Creative Commons Attribution 4.0 International License, which allows others to share the work with an acknowledgment of the authorship and early publication of the work in this journal.