Pola Asuh Orang Tua Dan Perundungan (Bullying) Pada Siswa

Ivaniar Nadaa Nabila, Erwin Erlangga

Abstract


Sekolah merupakan tempat dimana seorang   menimba ilmu dan membentuk karakter menjaddi lebih baik dan positif. Kasus kekerasan atau perundungan di sekolah justru kini muncul dan banyak diperbincangkan. perundungan (Bullying) merupakan perilaku menyakiti dan melukai orang lain secara berulangkali. Orang tua memiliki peranan yang sangat penting bagi anak agar meminimalisir perilaku perundungan. Dimana orang tua cenderung akan memberikan informasi pentingnya berempati, saling menghargai dengan sesama dan juga tidak melakukan kekerasan kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola asuh seperti apa yang mencegah perundungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif literatur review dengan menganalisis jurnal penelitian yang berkaitan dengan pola asuh orang tua dan perilaku perundungan.

Keywords


Parenting style, Bullying

Full Text:

PDF

References


Ahmed, E., & Braithwaite, V. (2004). Bullying and Victimization: Cause for Concern for both

Families and Schools. 34(October 2004). https://doi.org/10.1023/B

Hawari, D. (2001). Pendekatan holistik pada gangguan jiwa : skizofre.

Manalu, L. O., Patimah, S. S., & Haryanto, M. S. (2019). Hubungan Pola Asuh Orangtua

terhadap Perilaku Bullying di SMA Al-Mas’udiyah Cigondewah Hilir Kabupaten

Bandung. Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah, 8(2), 147–153. https://stikesmu-sidrap.ejournal.id/JIKP/article/view/140

Ponny Retno, A. (2008). Meredam Bullying 3 cara Efektif MengatasiKekerasan pada Anak. PT

Grasindo.

Prasetyo, A. B. E. (2011). Bullying di Sekolah dan Dampaknya bagi Masa Depan Anak. ElTarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, IV(1), 19–26. https://stikesmu-sidrap.ejournal.id/JIKP/article/view/140

Reswara Journal of Psychology

ISSN 2986 - 6677

Volune : 3, No. 2 2024

Reswara Journal of Psychology Volume 3 No 2, Oktobe 2024 74

Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). Bullying di Sekolah : Kurangnya Empati Pelaku Bullying

dan Pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237.

https://doi.org/10.26714/jkj.7.3.2019.237-246

Ramadia, A., & Putri, R. K. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kejadian Perilaku

Bullying Pada Remaja di SMK Kota Bukittinggi. MENARA Ilmu, XIII(3), 1–9.

Sari, Y. P., & Azwar, W. (2018). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku

Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal

Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 333–367.

https://doi.org/10.24042/ijpmi.v10i2.2366

Setyawan, D. (2014). KPAI :Kasus Bullying dan Pendidikan Karakter.

https://www.kpai.go.id/publikasi/kpai-kasus-bullying-dan-pendidikan-karakter

Setyowati, W. E. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dan Perilaku Bullying Pada Siswa Sekolah

Dasar Di Kota Semarang. Adi Husada Nursing Journal, 5(1), 37–41.

Sofyan, S. W. (2013). Konseling Keluarga. Alfabeta.

Sugijokanto, S. 2014. (n.d.). Cegah Kekerasan pada Anak. PT Elex Media Komputindo.

Syofiyanti, D. (2016). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Bullying Remaja. Jurnal PPKn

& Hukum, 11(1), 67–85.

https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/3656

Wardani, L. K., & Fajriansyah, F. (2017). Perilaku Bullying Mahasiswa Kesehatan. Journal Of

Nursing Practice, 1(1), 17–23. https://doi.org/10.30994/jnp.v1i1.18




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/rjp.v3i2.5392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.