PELATIHAN PEMBUATAN JELLY DRINK RAMBUT JAGUNG BAGI KELOMPOK TANI MELATI, KARANGAYU, KECAMATAN CEPIRING, KABUPATEN KENDAL

Haslina Dosen FTP, Rohadi Dosen FTP, Ika Fitriana Dosen FTP, Zulhaq Dahri Siqhny

Abstract


Kegiatan pengabdian di Kelompok Tani Melati, tim pengabdian berasal dari Jurusan Teknologi Hasil Pertanian memberikan pengetahuan sesuai bidang keilmuan yakni aplikasi dari pangan fungsional. Kegiatan ini memberikan tambahan pengetahuan bagi Kelompok Tani Melati agar dapat membuat olahan dari rambut jagung, yakni jelly drink.

Adapun tahapan persiapan yang berupa pra survey dengan mengidentifikasi masalah kebutuhan dan persetujuan penyelenggaraan acara pengabdian dari Kelompok Tani Melati. Pada tahap pelaksanaan, tim pengabdi menyiapkan materi pelatihan berupa leaflet dan bahan-bahan pelatihan. Bahan pelatihan berupa, pelatihan teori rambut jagung sebagai oangan fungsional yang bermanfaat untuk kesehatan dan yang terakhir berupa pemberian pelatihan pembuatan jelly drink rambut jagung.

Setelah mengikuti pelatihan, lebih dari 50% anggota kelompok tani jadi mengerti potensi rambut jagung sebagai antioksidan alami yang bermanfaat untuk kesehatan dan dapat diolah menjadi jelly drink. Selain itu, respon berupa pertanyaan dan kesungguhan kelompok tani dalam menerima semua materi yang diberikan dan mengikuti praktek sampai selesai. Evaluasi secara umum menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Karangayu, Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal, direspon dengan baik (Gambar 5). Hal ini terlihat dari minat kelompok tani yang cukup memuaskan dan ada keinginan untuk mencoba praktek dan memasarkan jelly drink.


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.