TRANSFORMASI DIGITAL TATA KELOLA KEGIATAN UMKM BERBASIS OFFICE 365

Khoirudin Khoirudin, Bernadus Very Christioko, Atmoko Nugroho

Abstract


Transformasi digital merupakan bagian dari Revolusi Industri 4.0 dimana internet yang memiliki fungsi salah satunya sebagai media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan dokumen atau berkas yang digunakan oleh pelaku usaha. Media penyimpanan ini seringkali disebut cloud storage (penyimpanan di awan), yang bertujuan pemakai tidak membutuhkan lagi penyimpanan biasa, seperti flashdisk, cakram (compact disk), dan tidak perlu khawatir akan kehilangan data yang tersimpan, selain itu juga dapat diakses dimana saja. Saat ini sudah mulai banyak bermunculan media penyimpanan di awan dengan beragam fasilitas dan fiturnya, salah satunya adalah Office 365 yang merupakan produk dari microsoft.

Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Kota Semarang tersebar di seluruh wilayah administratif Kotamadya Semarang dengan beragam jenis usaha produk ataupun jasa dan dengan sebaran usaha yang beragam. Ini semua membutuhkan penanganan berkas ataupun dokumen yang tidak sedikit, apalagi jika sudah berkaitan dengan jasa pengiriman baik pengiriman dalam negeri ataupun luar negeri seperti ekspor-impor. Dokumen atau berkas ini tentunya jika hanya mengandalkan pembuatan document manual maka akan sangat lambat dan tidak efektif. Pelaku usaha, khususnya UMKM tentunya harus bisa mengikuti perkembangan teknologi agar tidak kehilangan peluang usaha, oleh sebab itu perlu pelatihan transformasi digital dengan office 365.

Hasil dari pelatihan ini adalah mitra (UMKM Kota Semarang) telah memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana mengelola kegiata secara digital menggunakan office 365. Dari hasil pelatihan ini diharapkan UMKM mampu memanfaatkan office 365 dalam memajukan usaha mereka.


Full Text:

PDF

References


Institute Technology Bandung (2015). Panduan Penggunaan Akun Microsoft Office 365

Microsoft Org (2018). Microsoft Office 365 Education Free and Legal

Ridi Terdanu, Randi Eka, Ibnu Fauzi (2018). Petunjuk Praktis Microsoft Office 365 Bagi Institusi Pendidikan, Microsoft Innovation Centre Yogyakarta

Skendzic, A., & Kovacic, B. (2012, May). Microsoft office 365-cloud in business environment. In 2012 Proceedings of the 35th International Convention MIPRO (pp. 1434-1439). IEEE.

Kroenke, D., & Nilson, D. (2011). Office 365 in Business. John Wiley & Sons.

Handayani, S., & Hadi, S. (2020). Pelatihan E-Learning Menggunakan Office 365 Bagi Guru-Guru dan Siswa-Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 1(2), 49-58.

Ferdiana, R. (2016). Solusi Cloud Computing dengan Microsoft Azure bagi UMKM. Elex Media Komputindo.

Febriani, E. (2017). Perancangan Sistem Informasi Paguyuban Keramik Dinoyo Malang berbasis Cloud Computing dengan Menggunakan Office 365 dan Website (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v1i1.2546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia