PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN STRUKTUR MODAL UMKM DENGAN INKLUSI KEUANGAN SEBAGAI PEMODERASI (Studi Pada UMKM Klaster Mebel dan Furnitur Kota Semarang)

Eka Susilawati, Siti Puryandani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan terhadap keputusan struktur modal dan inklusi keuangan sebagai variabel pemoderasi pada UMKM.  Penelitian ini dilakukan pada UMKM klaster mebel dan furnitur di kota Semarang. Sampel penelitian ini adalah 100 UMKM, dengan model penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda serta uji path dan uji sobel untuk menguji hipotesis tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel inklusi keuangan mampu memperkuat hubungan antara literasi keuangan terhadap keputusan struktur modal UMKM di kota Semarang. Variabel literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan struktur modal dan variabel literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap inklusi keuangan. Namun, variabel inklusi keuangan berpengaruh negatif terhadap keputusan struktur modal.

 

Kata kunci : Literasi Keuangan, Keputusan Struktur Modal, Inklusi Keuangan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v18i2.2298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.