ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUMLAH KREDIT YANG DISALURKAN PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT DI EKS KARESIDENAN SEMARANG TAHUN 2009- 2012

Tusifatul Utami, Paulus Wardoyo

Abstract


Penelitian ini untuk menganalisa pengaruh Loan Deposit Ratio (LOR), Non Perfonna Loan (NPL), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), dan Return Of Assets (ROA) terhadap penyaluran kredit pada BPR yang berada di Exs Karesidenan Semarang. Variable LOR menurut ketentuan Bank Indonesia 85 %- 110% Sedangkan standar rasio NPL adalah 5 %. tingkat biaya operasional yang di tentukan Bank Indonesia adalah 92 %. dan Return Of Asset (ROA) nilainya tinggi maka bank mempunyai keuntungan yang besar. Populasi dalam penelitian 63 BPR setelah mengunakan metode purpose sampling sampel penelitian manjadi 44 BPR, alat analisis dalam penelitian ini mengunakan regresi linear berganda, jenis data yang digunakan adalah data sekunder, dengan metode pengumpulan data adalah dokumentasi, sistem data yang digunakan untuk mengolah data adalah SPSS. Berdasarkan penelitian diperoleh basil bahwa LOR dan NPL tidak berpengaruh dalam penyaluran kredit,sedangkan BOPO dan ROA berpengaruh dalam penyaluran kredit. nilai koefisien detenninasi sebesar 0,088 menunjukan bahwa penyaluran kredit dapat dijelaskan oleh variable-variabel penelitian sebesar 8,8 %.

Kata Kunci : LDR,NPL,BOPO, ROA dan penyaluran Kredit.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v14i2.2026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.