Sosialisasi Keamanan Pangan Kaitannya Dengan Teknologi Pengolahan Daging Pada Siswa SMKN 6 Kendal

Devy Angga Gunantar, Iswoyo Iswoyo, Cornelius Hari Wibowo

Abstract


Pengetahuan tentang keamanan pangan kaitannya dengan teknologi pengolahan daging sangat penting diketahui oleh masyarakat umum dan para pelaku industri pangan termasuk para siswa SMK N 6 Kendal sebagai bekal nantinya pada saat terjun pada usaha yang terkait dengan industri pangan, termasuk untuk memberikan perlindungan pada masyarakat dengan tujuan meningkatkan food safety, mutu dan mencegah terjadinya kerugian ekonomi. Sosialisasi tentang keamanan pangan kaitannya dengn teknologi pengolahan daging sangat tepat dilakukan untuk menambah wawasan bagi siswa-siswi SMK Negeri 6 Kendal Kabupaten Kendal, karena salah satu tujuan SMK adalah menyiapkan lulusan yang  terampil dan siap kerja dibidang keahliannya. SMK Negeri 6 Kendal Kabupaten Kendal merupakan SMK yang mempunyai bidang keahlian teknologi hasil pertanian, yang mana industri pangan merupakan sejalur dengan bidang kerja para lulusannya. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi berupa sosialisasi  untuk meningkatkan pemahaman perihal keamanan pangana kaitannya dengan teknologi pengolahn daging bagi siswa SMK Negeri 6 Kendal Kabupaten Kendal. Kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi penjelasan tentang keamanan pangan dan teknologi pengolahan daging beserta contoh-contoh pengolahan daging. Luaran kegiatan ini adalah publikasi pada jurnal PKM dan media massa.


Full Text:

PDF

References


Afif, D.H., Subagyo, B., Romadhon, Y.A. 2015, Bahan pengawet pada jajanan anak sekolah di perkotaan dan pinggiran jota di Sukoharjo. Naskah publikasi, Fak. Kedokteran, UMS

Andarmoyo, S. dan Isroin, L. 2012. Personal Hygiene. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Arisman. 2012. Buku Ajar Ilmu Gizi: Keracunan Makanan. ECG, Jakarta.

Chandra, B. 2012. Pengantar Kesehatan Lingkungan ECG, Jakarta.

Cahyadi, W. 2012. Analisis & Aspek Kesehatan Bahan Tamabahan Pangan. Bumi Aksara Jakarta.

Hearn W.L., Walls H.C., 2007. Introduction to postmortem toxicology.In Postmortem Toxicology of Abused Drug. Boca Raton (US): CRP 15: 24-32

Hidayati, D. 2012. Penerapan Good Manufacturing Practices di Industri Rajungan PT. Kelola Mina Laut. Jurnal Fakultas Pertanian, Universitas Trunojoyo.

Depkes RI, 2003. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tahun Nomor 1098/MENKES/SK/VII/2003 Tentang Persyaratan Higiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran.

LP2K Semarang, 1994. Waspada Sebelum Celaka. Puspa Swara, Jakarta

Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor Hk.03.1.23.04.12.2206 Tahun 2012 tentang Cara Produksi Pangan Yang Baik Untuk Industri Rumah Tangga.

Kemenakertrans, 2010. Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Alat Pelindung Diri.

Nurdin, N. dan Utomo, B. 2018. Tinjauan penggunaan bahan tambahan pangan pada makanan jajanan anak sekolah. Jurnal Riset Kesehatan, 7(2): 85-90. DOI: 10.31983/jrk.v7i2.3478

Panjaitan, L. 2010. Bahan tambahan pangan. http://repository.usu.ac.id.

Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia, 2013, Nomor 36 tentang Batas Maksimum Penggunaan Bahan Tambahan Pangan Pengawet.

Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia, 2014, No. 4 Tentang Batas Maksimum Penggunaan Bahan Tambahan Pangan Pemanis.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2014 Tentang Kesehatan Lingkungan.

Prayusnita, H. 2011. Produksi Brem ditinjau dari Good Manufacturing Practices. Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, Surabaya.

Rauf, R. 2013. Sanitasi Pangan & HACCP. Graha Ilmu Yogyakarta.

Thaheer, H. 2008. Sistem Manajemen HACCP.Bumi Aksara, Jakarta.

Widyaningsih T.D., Murtini E.S., 2006. Alternatif pengganti formalin pada produk pangan. Jakarta: Trubus agrisarana




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v4i1.8839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia