Meningkatkan Kompetensi Guru SMK Hidayah Semarang Dalam Bidang Design UiUx Menggunakan Figma Untuk Media Pembelajaran

Authors

  • Mohammad Burhan Hanif Universitas Semarang
  • Krida Pandu Gunata Universitas Semarang
  • Khoirudin Khoirudin Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26623/tmt.v4i1.8289

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi guru SMK Hidayah Semarang meneggunakan aplikasi FIGMA. SMK Hidayah Semarang merupakan lembaga pendidikan menengah kejuruan yang memiliki fokus pada peningkatan keterampilan praktis siswa dalam berbagai bidang, termasuk teknologi informasi. Dalam era digitalisasi saat ini, keterampilan desain antarmuka pengguna (UI/UX) menjadi semakin penting, karena antarmuka yang baik memengaruhi pengalaman pengguna pada aplikasi dan situs web. Kompetensi guru dalam desain UI/UX akan berdampak langsung pada pengalaman belajar siswa. Guru yang mampu mengajarkan desain UI/UX dengan baik akan membantu siswa memahami bagaimana menciptakan antarmuka yang mudah digunakan dan menarik secara visual, meningkatkan daya tarik pembelajaran. Melalui pengembangan kompetensi guru dalam desain UI/UX, SMK Hidayah dapat memperoleh reputasi sebagai lembaga yang mampu menghasilkan siswa dengan keterampilan yang relevan dengan tuntutan industri, serta memiliki pemahaman dalam desain UI/UX yang dapat memberikan nilai tambah dalam dunia kerja.

Author Biography

  • Mohammad Burhan Hanif, Universitas Semarang

    Mohammad Burhan Hanif, S.Kom., M.Kom

    Program Studi Teknik Informatika Universitas Semarang
     [Sinta Id : 6717505]

    Link : My google scholar

References

Adharani, Y., Latifah, R., Meilina, P., & Rosanti, N. (2020). Pelatihan Pembuatan Flyer Promosi untuk Menunjang Digital Marketing pada Klinik Kesehatan. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 93–102.

Choirina, P., Tjiptady, B. C., Fadliana, A. F., Rohman, M., Wahyudi, F., & Darajat, ‪Pangestuti P. (2022). Peningkatan Marketing UMKM Dengan Pelatihan Desain Grafis Untuk Karang Taruna Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.33379/icom.v2i1.1195‬‬‬‬‬‬‬

Lestyowati, J. (2021). Flyer Pembelajaran Di Era Baru : Analisis Penyusunan dan Publikasi Learning Flyer in the New Era : Analysis of Creation and Publication. Jurnal Administrasi Publik, XVII(2), 211–231.

Minarni, M., & Yunita, S. (2022). Pelatihan Desain dan Video Grafis Untuk Meningkatkan Promosi Digital OPD di Kotawaringin Timur. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 5(1), 33–42.

Prasetyo, F., Natong, A., & Tabrani, M. (2022). Pelatihan Membuat Desain Grafis Yang Menarik Untuk Promosi Produk Dan Event Masyarakat Desa Pasirsari. Abdimas, 1(2), 58–62.

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983

Sugiyanto, L., MT, T. A., & Handoko, A. (2021). Analisis Desain Poster Media Promosi Diklat 3 in 1. Jurnal Desain Sekolah Tinggi Desain Interstudi, 143–155.

Ulansari, R., Hartanto, S. R., Setyaningrum, L., Suharyanto, S., & Kurahmadan, T. (2022). PEMBUATAN IKLAN DENGAN CANVA PADA PELATIHAN DI RPTRA. INTIMAS Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 55–61.

Downloads

Published

2023-12-28

Issue

Section

Articles