Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Classpoint untuk Pembelajaran Interaktif di SMK Muhammadiyah Satu Semarang

Handini Arga Damar Rani, Lenny Kurniati, R.Irlanto Sudomo, Dewi Purnamasari

Abstract


Dewasa ini perkembangan internet semakin pesat dan merambah ke beberapa bidang, tidak terkecuali bidang pendidikan. Media pembelajaran juga ikut berkembang dan memunculkan berbagai media pembealajaran yang interaktif. Aplikasi Classpoint adalah sebuah perangkat lunak yang bisa terintegrasi dengan Microsoft Powerpoint sehingga dapat menciptakan media pembelajaran yang lebih interaktif dan inovatif. Terdapat banyak fitur yang dapat dipergunakan oleh para guru untuk membuat media pengajaran melalui aplikasi ini. Saat ini, guru-guru  di SMK Muhammaadiyah Satu Semarang belum  mahir  menggunakan aplikasi Classpoint,  padahal  aplikasi ini merupakan salah satu media berbasis teknologi yang memiliki keunggulan dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah. Untuk itu Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas IVET berinisiatif memberikan pelatihan Penggunaan aplikasi Classpoint bagi Guru-Guru dan siswa. Peserta pelatihan ini ada terdiri dari 20 peserta yang merupakan guru dan perwakilan murid dari SMK Muhammadiyah Satu Semarang.  Evaluasi dari pelatihan  ini  berdasarkan  atas  pemahaman  peserta  pelatihan  pada  setiap  sesi. Berdasarkan hasil evaluasi, Classpoint  ini sangat bermanfaat bagi para guru dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif. Semua indikator dari respon peserta didik terhadap penggunaan aplikasi serta reratanya berkategori baik sekali.


Full Text:

PDF

References


Arman Suryadi Karim, O., Agarina, M., Said Hasibuan, M., & Royan Fauzi, M. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Classpoint Bagi Guru di Propinsi Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3). http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI

Astari, T. (n.d.). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran yang Menarik dan Interaktif dengan Classpoint. https://doi.org/10.21137/jpp.2022.7.2.3

Jayanti, N. S. D., Nurrohmah, A., & Ermayani, T. (2022). Adaptasi Teknologi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan II di SD Negeri Pantirejo 1

Kabupaten Sragen. Manggali, 2(1), 97. https://doi.org/10.31331/manggali.v2i1.2017

Nastiti, I., & Saepuloh, L. (n.d.). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Berbasis It Bagi Guru- Guru SMP Daarul Faalah Cisaat Kabupaten Sukabumi. In Jurnal Surya : Seri Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 2).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah,

(1). https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Setiawan, I., Setiyanto, S., Kumalasari Nurnawati, E., Studi Sistem dan Teknologi Informasi, P.,

& Sains Dan Teknologi, F. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Memngembangkan Media Pembelajaran Interaktig Berbasis Tatap Muka Online Menggunakan Classpoint di SMA Negeri 1

Karangpandan Karangnanyar. In Jurnal PkM

Pemberdayaan Masyarakat Hal : 1-12 (Vol.

, Issue 1).

Wao, Y. P., Priska, M., & Peni, N. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Classpoint Pada Mata Kuliah Zoologi Invertebrata. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(2), 76–87




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v4i1.8217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia