Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Classpoint untuk Pembelajaran Interaktif di SMK Muhammadiyah Satu Semarang
Abstract
Dewasa ini perkembangan internet semakin pesat dan merambah ke beberapa bidang, tidak terkecuali bidang pendidikan. Media pembelajaran juga ikut berkembang dan memunculkan berbagai media pembealajaran yang interaktif. Aplikasi Classpoint adalah sebuah perangkat lunak yang bisa terintegrasi dengan Microsoft Powerpoint sehingga dapat menciptakan media pembelajaran yang lebih interaktif dan inovatif. Terdapat banyak fitur yang dapat dipergunakan oleh para guru untuk membuat media pengajaran melalui aplikasi ini. Saat ini, guru-guru di SMK Muhammaadiyah Satu Semarang belum mahir menggunakan aplikasi Classpoint, padahal aplikasi ini merupakan salah satu media berbasis teknologi yang memiliki keunggulan dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah. Untuk itu Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas IVET berinisiatif memberikan pelatihan Penggunaan aplikasi Classpoint bagi Guru-Guru dan siswa. Peserta pelatihan ini ada terdiri dari 20 peserta yang merupakan guru dan perwakilan murid dari SMK Muhammadiyah Satu Semarang. Evaluasi dari pelatihan ini berdasarkan atas pemahaman peserta pelatihan pada setiap sesi. Berdasarkan hasil evaluasi, Classpoint ini sangat bermanfaat bagi para guru dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif. Semua indikator dari respon peserta didik terhadap penggunaan aplikasi serta reratanya berkategori baik sekali.
Full Text:
PDFReferences
Arman Suryadi Karim, O., Agarina, M., Said Hasibuan, M., & Royan Fauzi, M. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Classpoint Bagi Guru di Propinsi Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3). http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI
Astari, T. (n.d.). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran yang Menarik dan Interaktif dengan Classpoint. https://doi.org/10.21137/jpp.2022.7.2.3
Jayanti, N. S. D., Nurrohmah, A., & Ermayani, T. (2022). Adaptasi Teknologi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan II di SD Negeri Pantirejo 1
Kabupaten Sragen. Manggali, 2(1), 97. https://doi.org/10.31331/manggali.v2i1.2017
Nastiti, I., & Saepuloh, L. (n.d.). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Berbasis It Bagi Guru- Guru SMP Daarul Faalah Cisaat Kabupaten Sukabumi. In Jurnal Surya : Seri Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 2).
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah,
(1). https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Setiawan, I., Setiyanto, S., Kumalasari Nurnawati, E., Studi Sistem dan Teknologi Informasi, P.,
& Sains Dan Teknologi, F. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Memngembangkan Media Pembelajaran Interaktig Berbasis Tatap Muka Online Menggunakan Classpoint di SMA Negeri 1
Karangpandan Karangnanyar. In Jurnal PkM
Pemberdayaan Masyarakat Hal : 1-12 (Vol.
, Issue 1).
Wao, Y. P., Priska, M., & Peni, N. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Classpoint Pada Mata Kuliah Zoologi Invertebrata. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(2), 76–87
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v4i1.8217
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi:
[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang - Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia