Pelatihan Content Creator Youtube untuk Meningkatkan Kreativitas Guru dan Siswa SMK Muhammadiyah Satu Semarang

Adi Nova Trisetiyanto, Sri Widayati, Afis Pratama

Abstract


Pengabdian Masyarakat ini melibatkan SMK Muhammadiyah Satu Semarang, Kegiatan ini berlangsung selama 3 bulan, mulai dari bulan September-November, mulai dari tahap persiapan dan pelaksanaan pelatihan. Para guru di gugus sekolah ini banyak mengalami kendala dan kesulitan dalam masa-masa pandemic covid-19 yang telah merubah sistem pendidikan di Indonesia yang semula kebanyakan dilakukan secara tatap muka menjadi online atau daring. Guru belum begitu paham memanfaatkan teknologi. Pengabdian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yang dilakukan melalui beberapa tahapan, di antaranya tahapan persiapan bahan ajar, pelatihan/workshop mengenai Pembuatan Media Pembelajaran Video, mengedit video yang telah dibuat dengan menggunakan aplikasi Kinemaster serta melatih para guru menggunakan Youtube dalam menyebarkan videonya. Tiap-tiap video akan direview setiap minggunya. Tiap video akan diberikan review terkait kelebihan dan kekurangannya untuk menjadi perbaikan kedepannya. Dari hasil survey ditemukan adanya peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan mitra bila dibandingkan saat awal kegiatan dan setelah diadakannya pelatihan. Diawal kegiatan mitra masih merasa bingung mengenai cara membuat video pembelajaran, mereka baru mengenal apa itu aplikasi Kinemaster, dan bagaimana cara membuat akun youtube dan cara upload video di akun masing-masing. Setelah dilaksanakannya PKM ini, para guru mulai mampu mengoperasikan dan memanfaatkan teknologi dengan maksimal. Mereka mampu menciptakan media pembelajaran video, mengedit video, dan menyebarkannya menggunakan Youtube.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Azizan, N., Lubis, M. A., & Muvid, M. B. 2020. Pemanfaatan Media Youtube Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Darul ’Ilmi, 08(02), 195–212.

Baskoro, A. 2009. Panduan Praktis Searching di Internet. Jakarta : PT TransMedia.

Berk, Laura E. 2012.Development Through the Lifespan (edisi kelima). terj.

Darmanto. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Brame, Cynthia J. 2016. Effective Educational Videos: Principles and Guidelines for MaximizingStudent Learning from Video Content. Journal CBE-Life Sciences Education, Vol. 15, No. 6

Darnawati, D., Irawaty, I., & Uke, W. A. S. 2021. Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Kinemaster dan Screencast O Matic. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 100–105.

David, Eribka Ruthellia. 2017. Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi

Fort, Mathilde. 2012. Audiovisual vowel monitoring and the word superiority

effect in children” International Journal of Behavioral Development

(6) 457–467

Khaira, H. (2020). Pemanfaatan Aplikasi KineMaster sebagai Media Pembelajaran Berbasi ICT. Prosiding Seminar Nasional PBSI-II: “Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Guna Mendukung Merdeka Belajar pada Era Revolusi Industry 4.0 dan Society. Universitas Negeri Medan

Khoiriyati, S., & Saripah. 2018. Pengaruh Media Sosial Pada Perkembangan

Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini. Vol. 1, Issue 01

Mahendra, I. K., & Minarsih, N. M. M. 2020. Tutorial Penggunaan Aplikasi Kinemaster sebagai Pengolahan Video Pembelajaran Seni Rupa bagi Siswa Autis. Seminar Nasional Seni dan Desain: “Reorientasi Dan Implementasi Keilmuan Seni Rupa Dan Desain Dalam Konteks Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka (MBKM).

Muliansyah, D., & Rahmayanti, R. 2019. Peranan Kualitas Website Dan Aplikasi Youtube Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Mempengaruhi Pergeseran Perilaku Konsumen. Joint (Journal of Information Technology), 01(02), 63–68.

Mujianto, H. 2019. Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159.

Partini. 2010. Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo

Patel, Dipika S. 2015. Significance of Technology Enhanced Language Learning

(TELL) in Language Classes. Journal of Technology for ELT, Vol. 7, No.

Sianipar, A. P. 2013. Pemanfaatan youtube di kalangan mahasiswa. Jurnal Ilmu

Komunikasi FLOW, 2(3), 1–10

Wardani, L. 2019. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Dan Keterampilan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 004 Rambah Samo. Indonesian Journal of Basic Education,

(1), 1–4




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v4i1.8216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia