Peningkatan Kemampuan Manajemen Persediaan Pada UKM GOR Badminton Al Amin

Febrina Nafasati Prihantini, Dian Indudewi, Alfa Vivianita

Abstract


Salah satu ciri khas dari industri kecil adalah masih banyak kendala yang dihadapi ini baik dari aspek produksi maupun manajemen usahanya. Salah satu permasalahan adalah permasalahan terkait aspek manajemen usahanya seperti belum banyak dilakukan dukungan promosi, strategi pengembangan pemasaran, serta distribusi yang terbatas dan pembukuan atas hasil usahanya. Begitu pula yang dialami oleh usaha GOR Badminton Al-Amin. Gor Badminton Al-Amin memiliki usaha sampingan penyedian makanan, minuman dan perlatan olahraga. Dimana Usaha GOR ini masih merupakan usaha berskala kecil yang tentunya memiliki kendala dalam hal manajemen usahanya, khususnya dalam hal pencatatan persediaannya pada usaha sampingannya.    

Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilaksanakan kegiatan Pengabdian Bagi Masyarakat  yang memberikan  memberikan penyuluhan mengenai pencatatan terhadap barang dagangnya.

Luaran yang dapat terwujud dari kegiatan  Pengabdian Masyarakat ini  adalah  pelaku UKM mampu melakukan pembukuan atas barang dagangannya secara rutin dengan menggunakan kartu persediaan serta publikasi secara online dari pelaksanaan pengabdian.


Full Text:

PDF

References


Barchelino, Rivaldo. 2016. “Analisis Penerapan Psak No. 14 Terhadap Metode Pencatatan Dan Penilaian Persediaan Barang Dagangan Pada Pt. Surya Wenang Indah Manado.” Analisis Penerapan PSAK… Jurnal EMBA 837 (1): 837–46. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/11812/11405.

Fitri Nur Wildana, Erni Unggul Sedya Utami. 2017. “Analisis Sistem Pengendalian Intern Persediaan Barang Dagang.” Jurnal MONEX Vol 6 (No 2): 13–21.

Saragih, Fitriani, and Surikayanti. 2015. “Analisis Penerapan Akuntansi Dan Kesesuaiannya Dengan SAK ETAP Pada UKM Medan Perjuangan.” In Seminar Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (SNEMA) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, 452–61.

Sugeng, Andry, Neneng Hasanah, Dian Widiyati, Fitriyah Fitriyah, and Agus Afandi. 2021. “Sosialisasi Laporan Keuangan UMKM Dalam Rangka Membantu Program Kewirausahaan Di Yayasan Al-Khoiriyah.” Abdimisi 2 (1): 15. https://doi.org/10.32493/abms.v2i1.4504.

Tangkelayuk, Aprilia, and Daniel Nemba Dambe. 2020. “Analisis Manajemen Persediaan Pada CV.Fokus Usaha.” Jurnal Ulet 4 (2): 16–34.

Tuli, Hartati. 2019. “Pengelolaan Persediaan Melalui Pendekatan Metode First In First Out Bagi Usaha Mikro Di Desa Pentadio Barat Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.”




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v4i1.7999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia