Pelatihan E Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Bisnis UMKM Di Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak

Edy Mulyantomo, Dian Triyani, Wawan Setiawan

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada pelaku UMKM di kecamatan Mranggen kabupaten Demak pelatihan e marketing dalam upaya meningkatkan bisnis UMKM. Berdasarkan hasil analisis situasi maka permasalahan yang dihadapi oleh mitra dapat diidentifikasi sebagai berikut kurangnya pengetahuan dan pemahaman dari pelaku UMKM terhadap teknologi digitalisasi pemasaran berupa e marketing atau pemasaran online yang masih dinilai belum cukup maksimal serta belum ada pendampingan UMKM.

Tujuan  dari  kegiatan  ini  adalah  memberikan  pelatihan  bagaimana penerapan tentang e marketing  bagi  pelaku  UMKM  di Kecamatan Mranggen kabupaten Demak agar bisnis UMKM meningkat. Manfaat  yang  diharapkan  dengan  adanya  kegiatan  pengabdian  masyarakat  ini  yaitu  para peserta (pelaku) UMKM mempunyai pengetahuan, pemahaman, ketrampilan dan kemampuan ketepatan dalam menentukan teknologi digitalisasi pemasaran berupa e marketing atau pemasaran online.

Metode pendekatan yang digunakan dalam mencapai tujuan adalah pendekatan participatory training, yaitu pendekatan yang menekankan pada partisipasi penuh dari mitra dan pendampingan dalam mencapai tujuan. Pendekatan participatory training dilakukan melalui beberapa langkah pembelajaran dalam bentuk pelatihan dan pendampingan.

Rencan target luaran berupa jurnal PkM, media massa cetak, sertifikat HKI dan Video pelaksanaan yang di-upload di youtube.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v4i1.7954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia