Pelatihan dan Pengenalan Dasar-Dasar Robotika Bagi SMKN I Tengaran Kabupaten Semarang

isya aryan, Budiani Destiningtyas, TITIK NURHAYATI

Abstract


Tujuan Pengabdian ini adalah  mengenalkan dasar-dasar teknologi robotika agar siswa SMKN 1 Tengaran paham dan tertarik mempelajari lebih detail tentang robotika. Metode pengabdian ini menggunakan metode ceramah, demontrasi robot dan evaluasi. Jumlah peserta pada pelatihan ini berjumlah 25 siswa dan siswi. Instrumen evaluasi kegiatan menggunakan metode pre dan post test. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa para siswa siswi berminat mempelajari robotika dan sangat antusias saat robot didemontrasikan. Dengan pelatihan ini diharapkan pengetahuan tentang robotika bertambah dan berminat untuk lebih mendalami keilmuan di bidang robotika.


Full Text:

PDF

References


Aristawati, F. A. dan Budiyanto, C. (2017). ‘Penerapan Robotika dalam Pembelajaran STEM: Kajian Pustaka’, Seminar Nasional Pendidikan Vokasi ke 2, pp. 440– 446.

Dwi S. (2012), Buku Pintar Robotika, Bagaimana Merancang dan Membuat Robot Sendiri. Yogyakarta: Andi Publisher.

Faraby, M. D., Akil, M., Fitriati, A., dan Isminarti., “Rancang Bangun Robot Pembersih Lantai Berbasis Arduino”, Jurnal Teknologi Terpadu, Vol. 5, No.1 (2017).

Fahd, M. A., Purwanto, D., & Fatoni, H. (2018).

Rancang Bangun Robot Penari Humanoid dengan 25 DoF untuk Melakukan Gerakan Tari Remo. Jurnal Teknik ITS, 7(2).

Leotman, B. D., Syaka, D. R. B. and Priyono. (2016). ‘Pengembangan Robot Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Ekstrakurikuler Robotik Studi Kasus SMP AlMuslim Bekasi’, Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional, 2(2), pp. 32– 41.

P. D. Mardika, Nilma, and R. Nuzulah. (2019). “Penyuluhan Sistem Automasi Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno untuk Siswa-Siswi Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, pp. 148–154.

Setiyawan, K. (2019). Tugas Akhir Komunikasi Robot Seni Tari Menggunakan Bluetooth. Universitas Semarang.

Setiawan, R. (2020). Tugas Akhir Sistem Sinkronisasi Komunikasi Bluetooth Antar Robot Humanoid Dalam Melakukan Gerakan Tari Gambyong Pareanom. Universitas Semarang

Sekarsari, K, dan Sunardi (2020). Pelatihan Arduino untuk siswa siswi MTS swasta AlMursyidiyyah Benda Baru Pamulang, Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1): 15- 21.

Wijaya, H. A. (2013). Evaluasi Implementasi Pelatihan Robotika Menggunakan Arduino Di SMK N 1 Sedayu Bantul. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v4i1.7390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia