Sosialisasi Strategi Digital Marketing dan Branding Produk pada UMKM Kota Pangkalpinang

Ari Agung Nugroho, Wenni Anggita, Nanang Wahyudin, Sigit Nugroho

Abstract


Bagi pelaku usaha, adaptasi dan melakukan kreasi dengan pendekatan digital kini sudah merupakan keniscayaan. Bila pelaku usaha mampu beradaptasi, bahkan mampu menemukan peluang baru untuk pertumbuhan bisnisnya, merekalah yang mampu tetap survive di era digital. Perubahan perilaku konsumen dengan membatasi interaksi fisik dan mengurangi aktivitas di luar rumah, rupanya menjadi katalis bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Tentu saja itu berlaku untuk pengusaha kecil dan menengah yang sudah terhubung dengan ekosistem digital. Hal ini tidak lepas dari masifnya literasi digital, khususnya yang dilakukan pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM. Selain pemerintah, akademisi juga menjadi salah satu peran yang tidak dapat lepas untuk mendigitalisasikan UMKM. Hal yang harus dilakukan oleh UMKM adalah melek digital dengan cara bagaimana strategi branding produk dan pemasaran digital dengan memaksimalkan penggunaan media social.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Jurnal:

Ade Resalawati, Pengaruh Perkembangan Usaha Kecil Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Pada Sektor UKM Indonesia, (Skripsi: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011), Hal. 31.

Ayodya, W. (2019). UMKM 4.0 (Strategi UMKM Memasuki Era Digital. Jakarta: Gramedia

Nasution, Eri Yanti dan Tika Indria. 2021. Digitalisasi UMKM di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan Volume 2 Nomor 1. Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara. Medan.

Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPPM) 1(1): 1 – 17

Ulifa, M., Mulyati, A., & Mulyati, D. J. (2019). Pengaruh Penjualan Secara Online Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis , 12-20

Wijoyo H, Widiyanti. (2020). Digitalisasi Umkm Pasca Pandemi Covid-19 Di Riau. Sinagara 2020, Konferensi Nacional Administrasi Negara.

Sumber Internet

Percepat Digitalisasi UMKM, Dinas KUKM Babel Gandeng Marketplace Nasional - News Liputan6.com diakses 28 Februari 2023

Go Digital Strategi Memperkuat UMKM (bi.go.id) diakses 28 Februari 2023

Mengenal kematangan digital UMKM, Indonesia ada di peringkat berapa? - ANTARA News diakses 28 Februari 2023




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v4i1.7387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia