Pelatihan Public Speaking Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Presentasi Bagi Belajar SMK Negeri 8 Kota Semarang

Intan Pratiwi, Febiola Nur Azizah, Shachadewi Maulida Salsa Umaya, Niwayan Ika Sari, Gita Aprinta E B

Abstract


Dalam berbicara di depan public, harus memerlukan keterampilan berbicara di depan umum dengan baik. Ketidakmauan tampil di depan publik masih menjadi masalah untuk beberapa orang termasuknya pada anak sekolah. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa faktor yang menyebabkan anak-anak sekolah kurang percaya diri untuk berbicara di depan umum. Cakap dalam berbicara di depan umum dapat membantu beberapa orang untuk mengerjakan pekerjaan dengan optimal dan menghasilkan hasil yang baik pula. Tim pengabdian masyarakat Jurusan Ilmu Komunikasi bersama dengan kelompok, memberikan pelatihan public speaking kepada anak-anak jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK N 8 Semarang agar diharapkan anak-anak mampu mengolah keterampilannya dalam berani berbicara di depan umum, khususnya yang berhubungan dengan pembelajaran pada saat di sekolah agar komunikasi antar anak maupun pengajar efektif.


Full Text:

PDF

References


Jurnal:

Hartatik, S. F., Pusparini, I., Jasuli, J., & Rahmah, T. H. (2021, October). Tantangan Pembelajaran Public Speaking di Era Digital. In Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, Dan Pembelajarannya (Salinga) (Vol. 1, No. 1, pp. 161-165).

Oktavianti, R., & Rusdi, F. (2019). Belajar public speaking sebagai komunikasi yang efektif. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1).

Trimastuti, W., Christinawati, S., Setiatin, S., & Puspita, V. A. (2021). Public Speaking dan Teknik Presentasi dalam Menciptakan Pengajaran yang Menarik. PADMA, 1(2), 123-135.

Sumber Internet

Sahid, R. (2021). Cara Uji Paired Sample T-Test dan Interpretasi dengan SPSS. Retrieved June 10, 2023, from 19 Februari 2021 website: https://www.spssindonesia.com/2016/08/cara-uji-paired-sample-t-test-dan.html?m=1




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v4i1.7329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia