Meningkatkan Keuntungan Finansial Gerai Kopimi Semarang Dengan Memanfaatkan Potensi Channel Youtube

Eka Putri Rachmawati, Edi Widodo, Ahmad Rifa'i

Abstract


Gerai Kopimi adalah kelompok usaha kecil yang memiliki lebih dari 500 anggota UMKM di wilayah kecamatan Semarang Selatan, mereka memiliki usaha yang berbeda, diantaranya usaha kuliner, warung kelontong dan sebagainya. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan potensi pendapatan dari media sosial YouTube, dengan cara memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM yang tergabung dalam Gerai KOPIMI, untuk membuat saluran di YouTube dan memanfaatkan jumlah anggota yang besar untuk mendapatkan penghasilan dari konten yang dibuat secara kolektif pada saluran tersebut. Selain itu, kami membahas berbagai alat dan fitur yang tersedia di YouTube yang dapat membantu Gerai Kopimi dalam mengelola channel mereka, seperti YouTube Analytics dan YouTube Studio. Pemanfaatan fitur ini, Gerai Kopimi dapat mengukur kinerja channel mereka dan membuat keputusan yang lebih baik dalam mengelola bisnis mereka. Peningkatan kemampuan setelah dilakukan pelatihan ini sebesar 23,57% yang didapat dari penyebaran kuisioner kepada peserta yang dilakukan sebelum dan sesudah pelatihan.

Full Text:

PDF

References


Aristawidia, I. B. (2020). Kajian Literatur Penerapan Strategi Branding Bagi Kemajuan Umkm Di Era Digital. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 1(2), 1–13. https://doi.org/10.15642/manova.v1i2.351

Arjuna, S., Zarkasih, A., Lam’ah Nasution, S., Siregar, M. R., Munthe, R. S., Manajemen, P., … Dan, B. (2022). Strategi Pemasaran Produk Di Era Digital Pada UMKM. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 159–164.

Hasanah, M., Jumriani, J., Juliana, N., & Kirani, K. P. (2021). Digital Marketing a Marketing Strategy for UMKM Products in The Digital Era. The Kalimantan Social Studies Journal, 3(1), 36. https://doi.org/10.20527/kss.v3i1.4146

Kemp, S. (2023). Digital 2023: Indonesia — DataReportal – Global Digital Insights. DataReportal – Global Digital Insights. https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia

Pasaribu, R. (2021). Analisis Media Sosial sebagai Media Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Kota Medan. Journal of Economics and Business, 2(1), 50–60. https://doi.org/10.36655/jeb.v2i1.495

Shiratina, A., & Surip, N. (2022). Strategi Pemasaran Untuk Menjaga Keberlanjutan Kehidupan Umkm Peran Motivasi Dan Teknologi Di Era Pandemi Covid-19. Akuntansi Dan Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 63–68. https://doi.org/10.38142/ahjpm.v1i2.275

Sudrartono, T., Nugroho, H., Irwanto, I., Agustini, I. G. A. A., Yudawisastra, H. G., Maknunah, L. U., … Sudirman, A. (2022). Kewirausahaan Umkm Di Era Digital. Cv Widina Media Utama.

Suprihati. (2021). Kesiapan Sumber Daya Untuk Meningkatkan Umkm Di Era Ekonomi Digital Suprihati. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, (Desember), 128–133. Retrieved from https://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/105/103

Sutinah, S., Suyanto, B., & Prasetyo, R. A. (2020). Pemberdayaan Pelaku Umkm Merespon Pergeseran Karateristik Konsumen Di Era Digital. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(1), 202. https://doi.org/10.20473/jlm.v4i1.2020.202-207

Wibowo, H., Marni, Z., Suryaningrum, R. A., Agustami, S. S., Dewi Pamungkas, G. A., & Sa’bani, N. K. (2020). Edukasi Pemasaran Daring untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Guesin Pacs Desa Cibodas Jawa Barat. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 59. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26593

Wijaya, A., Abdullah, S., & Muhammad, R. (2021). Digital Community Social Capital (Case Study on Increasing the Popularity of Millennial Youtubers in Makassar City). Journal of Asian Multicultural Research for Social Sciences Study, 2(2), 70–80. https://doi.org/10.47616/jamrsss.v2i2.155




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v3i2.7262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia