Pelatihan Digital Marketing Pada Marketplace Sebagai Strategi Pemasaran Produk Umkm Kelurahan Mlatibaru Semarang

sulistyorini sulistyorini, Any Setyarini, Scorina Dwiantari

Abstract


Latar belakang kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini karena kurangnya pengetahuan mengenai digital marketing terutama pada penggunaan marketplace pada paguyuban UMKM Kelurahan Mlatibaru  Kecamatan Semarang Timur. Paguyuban UMKM Mlatibaru sudah beroperasi cukup lama menggunakan pemasaran tradisional menawarkan dari mulut ke mulut, menawarkan ke hotel-hotel, dan orang-orang berdatangan untuk membeli kerumah. Paguyuban UMKM belum menerapkan pemasaran online dalam meningkatkan penjualan dan pengenalan kepada masyarakat luas. Padahal, pada zaman sekarang akses ke internet lebih besar untuk memasarkan UMKM kepada khalayak umum.

Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan beberapa kegiatan untuk mengatasinya. Tujuan pengabdian masyarakat adalah Meningkatkan pemahaman pelaku UMKM dalam membuka toko online. Meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam memasarkan produk secara online di berbagai marketplace. Meningkatkan pengetahuan dalam pentingnya berkreasi menggunakan digital marketing baik melalui aplikasi maupun melalui website (web based). Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah pelatihan digital marketing pada marketplace produk UMKM Kelurahan Mlatibaru Semarang.

Hasil dan Luaran yang diharapkan dari Pengabdian kepada Masyarakat di paguyuban UMKM Mlatibaru dapat menerapkan pengetahuan baru tentang pemasaran online menggunakan marketplace, memperoleh kemampuan dalam memasarkan produk secara online di berbagai marketplace, meningkatkan penjualan melalui digital marketing baik melalui aplikasi maupun melalui website (web based) yang dampaknya pada peningkatan penjualan dalam pemasaran paguyuban UMKM Mlatibaru.

Kata Kunci : Pelatihan, Digital Marketing, Marketplace.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Naimah, R. J. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact : Implementation and Action Volume 2, Nomor 2, 2020.

https://www.nesabamedia.com/apa-itu-shopee/

Nasution, M. A. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Digital Marketing kepada Pelaku UMKM di Desa Saentis Kabupaten Deli Serdang.

Prihatini, P. (2022). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Penghasilan Ibu Rumah Tangga Majlis Taklim Perempuan Kecamatan Jatiyoso. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi.

Siska, E. (2021). Pelatihan Digital Marketing Pada Marketplace Sebagai Strategi Peningkatan Penjualan Produk UMKM Pulo Gadung Jakarta Timur Pada Masa New Normal. Jurnal Abdimas Perbanas.

https://www.nesabamedia.com/cara-membuat-toko-di-shopee/




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v4i1.7258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia