Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan KOKAPURA Unit Ground Handling Menggunakan Aplikasi Excel

Mohklas Mohklas, Luhgiatno Luhgiatno, Daniel Kartika Adhi, Nurrohmi Ambar Tasriastuti

Abstract


Gerakan ekonomi rakyat adalah koperasi, tugasnya bertanggungjawab atas kesejahteraan anggotanya. Undang-undang Perkoperasian Nomor 25 tahun 1992 menjelaskan tentang perkoperasian disusun untuk mempertegas jatidiri, kedudukan, permodalan, dan pembinaan koperasi sehingga mampu menjamin kehidupan koperasi. Oleh karena itu, koperasi harus dikelola  secara professional oleh pengurus dalam segala bidang baik itu produksi, pemasaran, manajemen sumber daya manusia dan manajemen keuangannya, termasuk di dalammnya adalah ketepatan waktu dan keakurasian data dalam menyusun laporan keuangannya. Permasalahan yang ada di Koperasi Karyawan Angkasa Pura (KOKAPURA) Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang masih adanya kendala dalam menyusun laporan keuangan menggunakan excel. Dari permasalahan tersebut kegiatan pelatihan pengabdian kepada masyarakat dari dosen STIE Pelita Nusantara kepada para staff Kokapura adalah: “Penyusunan Laporan Keuangan Menggunakan Excel”. Semoga kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang riil kepada para peserta, dan lebih memahami serta terampil dalam menyusun laporan keuangan koperasi.

Full Text:

PDF

References


Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020, Panduaa PelaksanaPenelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di PerguruanTinggi.

Rudianto. (2010). Akuntansi Koperasi. Erlangga. Semarang

Sigiyarso, G (2011). Akuntansi Koperasi: Sistem, Metode, dan Analisis Laporan Keuangan. CAPS. Yogyakarta

Sulistyorini, Octavia, A. N., & Setyarini, A. (2023). Edukasi Dan Pelatihan Pencatatan Keuangan Rumah Tangga Untuk Ibu-Ibu Pkk Kelurahan Bandungrejo. TEMATIK : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8-16.

Syukur, Abdul. (2022). Modul Perpajakan Brevet A dan B. Lembaga Tax Training Center. Semarang

Trisnawani, T. (2019). Akuntansi untuk Koperasi dan UKM. Salemba Empat. Jakarta

Undang-Undang Perkoperasian Nomor 25 Tahun 1992

Undang-undang Republik Indonesia, Nomor 7, Tahun 2021, Tentang Undang-undangHarmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP)

Undang-undang Republik Indonesia, Nomor 6, Tahun 1983, Tentang Ketentuan Umum Perpajakan (KUP)

Undang-undang Republik Indonesia, Nomor 7, Tahun 1983, Tentang Pajak Penghasilan




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v3i2.7163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia