Peran Komunikasi Pemasaran Pada Pelaku Usaha Skala Rumah Tangga Untuk Meraih Pembeli Potensial Di Meteseh Semarang
Abstract
Komunikasi Pemasaran merupakan aktifitas utama yang harus dilakukan bagi setiap individu yang tertarik memasarkan produknya. Keberhasilan mengkomunikasikan produk ke konsumen potensial, dapat menjadi salah satu cara meraih pasar yang dituju. Masyarakat di Kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang Kota Semarang tertarik mendapatkan wawasan proses menyampaikan produk ke konsumen potensial dan pengguna, agar produk kebutuhan rumah tangga yang dibuat bisa diketahui konsumen potensial, melalui keikut sertaan penyuluhan tentang Komunikasi Pemasaran sebagai soft skill strategis bagi wirausahawan. Tujuan memberikan penyuluhan agar peserta penyuluhan dapat menjual produk kebutuhan rumah tangga produksi sendiri kepada konsumen potensial. Kegiatan pengabdian berupa penyuluhan Komunikasi Pemasaran dengan metode ceramah, simulasi dan dialog interaktif, dengan peserta ibu-ibu PKK/ibu rumah tangga. Hasil kegiatan penyuluhan adalah bertambahnya pengetahuan tentang pentingnya memberikan informasi produk industri rumah tangga dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki dan karakterisitik produk yang akan dijual, kepada pembeli potensial.
Kata kunci : Komunikasi pemasaran, pendapatan keluarga, wirausaha
Full Text:
PDFReferences
Anang Firmansyah, (2020), Komunikasi Pemasaran, CV. Penerbit Qiara Media - Pasuruan, Jawa Timur, cetakan pertama.
Doni Mardiyanto, Giart, (2019), Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise di Kedai Digital 8 Solo), Edunomika – Vol. 03, No. 01
Joseph P. Cannon , William D Perreat , E. Jerome, (2018), Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global , Penerbit Salemba Empat , Jakarta..
Kotler & Armstrong , (2016), Dasar-dasar Pemasaran , Penerbit PT Indeks, Jakarta.
Patarai, Muhammad Idris. (2016), Perencanaan Pembangunan Daerah (Sebuah Pengantar), DeLaMacca, Jalan Borong Raya No. 75 A telp. 08114124721 - 08114133371, Makassar
Suherman Kusniadji, (2016), Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang), Jurnal Komunikasi, Vol. 8, No. 1, Hal 83 - 98
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v3i2.7157
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi:
[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang - Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia