Desain Pembelajaran Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Islam di SD Muhammadiyah 06 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.26623/tmt.v4i1.7152Abstract
Pembelajaran matematika perlu mengintegrasikan nilai-nilai Islam agar menarik bagi peserta didik. Namun, di SD Muhammadiyah 06 Semarang, pembelajaran matematika terintegrasi nilai-nilai Islam masih belum optimal. Hal ini berdampak pada pembentukan karakter peserta didik dan rendahnya hasil belajar matematika. Kendala utamanya adalah keterbatasan kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran matematika terintegrasi nilai-nilai Islam. Untuk mengatasi masalah ini, tim pengabdian masyarakat memberikan pelatihan, praktek langsung, dan pendampingan kepada para guru dalam mendesain pembelajaran matematika terintegrasi nilai-nilai Islam. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran matematika yang menggabungkan prinsip-prinsip matematika dengan ajaran Islam. Hasilnya menunjukkan respon positif dari para guru, terlihat dari semangat dan kreativitas mereka meningkat dalam mendesain pembelajaran matematika terintegrasi nilai-nilai Islam.References
Imamuddin, M., Isnaniah, I., Zulmuqim, Z., Nurdin, S., & Andryadi, A. (2020). Integrasi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Islam (Menggagas Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah). AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 117. https://doi.org/10.29240/jpd.v4i2.1928
Kumaryono, I., & Maharani, H. R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berkarakter Islami Pada Program PPL Mahasiswa Pendidikan Matematika Unissula Semarang. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 119. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.4046
Kurniati, A. (2015). Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1326
Salafudin, S. (2015). Pembelajaran Matematika Yang Bermuatan Nilai Islam. Jurnal Penelitian, 12(2), 223. https://doi.org/10.28918/jupe.v12i2.651