Penerapan Strategi Pemasaran Pada Pelaku UMKM Di Kecamatan Tembalang Kota Semarang
Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat pada pelaku UMKM di Kecamatan Tembalang Kota Semarang tentang penerapan strategi pemasaran untuk meningkatkan bisnis UMKM. Berdasarkan hasil analisis situasi maka permasalahan yang dihadapi oleh mitra dapat diidentifikasi sebagai berikut kurangnya pengetahuan dan pemahaman dari pelaku UMKM terhadap bagaimana penerapan strategi pemasaran yang tepat tentang pemahaman fungsi, jenis dan pentingnya packaging (kemasan) produk, branding (upaya untuk memberikan perusahaan dengan desain atau simbol tertentu untuk mengiklankan produk dan jasanya), kualitas pelayanan dan promosi yang masih dinilai belum cukup maksimal serta belum ada pendampingan UMKM.
Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan bagaimana penerapan tentang strategi pemasaran bagi pelaku UMKM di Kecamatan Tembalang Kota Semarang agar bisnis UMKM meningkat. Manfaat yang diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu para peserta (pelaku) UMKM mempunyai pengetahuan, pemahaman, ketrampilan dan kemampuan ketepatan dalam menentukan strategi pemasaran tentang pemahaman fungsi, jenis dan pentingnya packaging (kemasan) produk, branding (upaya untuk memberikan perusahaan dengan desain atau simbol tertentu untuk mengiklankan produk dan jasanya), kualitas pelayanan dan promosi
Metode pendekatan yang digunakan dalam mencapai tujuan adalah pendekatan participatory training, yaitu pendekatan yang menekankan pada partisipasi penuh dari mitra dan pendampingan dalam mencapai tujuan. Pendekatan participatory training dilakukan melalui beberapa langkah pembelajaran dalam bentuk pelatihan dan pendampingan.
Rencan target luaran berupa jurnal PkM, media masa cetak dan sertifikat HKI dan Video pelaksanaan yang di-upload di youtube.
Full Text:
PDFReferences
Adhaghassani, Sefti Fakhriyyan. 2016. Strategi Bauran Pemasaran 7p (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) di cherry bakery.
Shirley Candrawardhani, Cara Menerapkan Strategi Pemasaran untuk UMKM Anda. January 24, 2022, https://www.kitalulus.com/bisnis/cara-menerapkan-strategi-pemasaran
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v3i2.7127
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi:
[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang - Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia