Peningkatan Produktivitas Pemuda Semanggi Digital Academy Melalui Pelatihan Financial Life Skills (FLS)
Abstract
Program pelatihan Financial Life Skills turut berperan memberikan kontribusi penyadaran literasi keuangan bagi masyarakat khususnya para generasi milenial dengan rentan usia 18 sampai dengan 30 tahun dengan jumlah peserta 20 orang, pada sebuah lembaga kursus digital academy di Kota Semarang. Tujuan pelatihan FLS adalah untuk meningkatkan keterampilan generasi milenial dalam membuat keputusan keuangan yang sehat yang pada akhirnya mencapai kesejahteraan finansial individu dan menguatkan kompetensi pribadi pemuda untuk kesiapsiagaan kerja. Metode pengabdian pelatihan FLS dilakukan menggunakan metode pelatihan experience learning cycle (ELC) dimana pelatih dan peserta akan saling berinterasi secara interaktif melalui berbagai macam aktivitas seperti simulasi, role play, pengisian lembar kerja, tanya jawab, diskusi. Metode ELC cocok digunakan untuk pelatihan FLS agar keterampilan peserta tidak hanya cukup dengan mendengar dan melihat saja tetapi peserta dapat merasakan pengalaman langsung pada saat kegiatan pelatihan berlangsung sehingga pada akhir pelatihan diharapkan peserta benar-benar dapat mengalami perubahan knowledge dan attitude sebagai bekal untuk perubahan behavior di masa yang akan datang. Berdasarkan hasil evaluasi peserta, pelatihan ini memberikan manfaat bagi generasi muda untuk menjadi generasi yang tidak hanya produktif namun juga cerdas mengelola keuangan agar hidup sejahtera dimasa yang akan datang.
Full Text:
PDFReferences
Caldwell, M. (2020). 8 Financial Skills You Should’ve Learned in High School.
Thebalance.Com.https://www.thebalance.com/should-learn-high-school-2385824, diakses pada tanggal 22 April 2023.
Davis, M. (2019). Essential financial life skills for 21st-century Americans. Bigthink.Com.
https://bigthink.com/the-present/financial-skills/, diakses pada tanggal 24 April 2023
Dewi, V. I., Febrian, E., Effendi, N., Anwar, M., & Nidar, S. R. (2020). Financial literacy and its variables: The evidence from indonesia. Economics and Sociology, 13(3). https://doi.org/10.14254/2071 789X.2020/13-3/9
Hendry, B. (2018). Financial literacy is a basic life skill and a need to know — and now it’s more relevant than ever.
Businesinsider.Com.https://www.businessinsider.com/personal-finance/financial-literacy-is-a-basic-lifeskill-2018-4?r=US&IR=T, diakses pada tanggal 26 April 2023.
Hillier, S. (2017). Financial Literacy Is An Essential Life Skill. JA Canada.
https://jacanada.org/page/news/financial-literacy-essential-life-skill, diakses pada tanggal 26 April 2023
Lubis, A. W. (2020). Skills and household financial decision-making in Indonesia.
International Journal of Social Economics, 47(11), 1433–1450. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/IJSE-10-2019-0632/full/html
McLeod, S. (2017). Kolb’s Learning Styles and Experiential Learning Cycle.
Simplypsychology.Org.https://www.simplypsychology.org/learning-kolb.html, Diakses pada 26 April 2023.
Sharma, S., Arora, K., Chandrashekhar, Sinha, R. K., Akhtar, F., & Mehra, S. (2021). Evaluation of a training program for life skills education and financial literacy to community health workers in India: a quasi-experimental study. BMC Health Services Research, 21(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/S12913-020-06025-4
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v3i2.7047
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi:
[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang - Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia