Peningkatan Kemampuan Pembuatan Materi Iklan Produk UMKM Desa Truko Kendal Menggunakan Canva

Badroe Zaman, Prind Triajeng Pungksanti, Sri Handayani

Abstract


Permasalahan yang sering dialami pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) desa Truko dalam pemasaran adalah membuat materi iklan yang menarik. Upaya untuk memberikan pengetahuan materi iklan yang menarik adalah dengan menggunakan aplikasi yang menyediakan berbagai template desain. Permasalahan yang lain adalah kurangnya edukasi jenis materi iklan untuk media offline dan online oleh para pelaku UMKM desa Truko. Minimnya pengetahuan tentang hal itu, menjadikan aplikasi Canva sebagai aplikasi solusi strategi materi iklan untuk membuat desain pemasaran produk UMKM. Dengan menggunakan aplikasi Canva ini dapat membuat materi iklan seperti desain logo, poster, pamflet dengan memanfaatkan desain template yang sudah tersedia sehingga menghasilkan desain iklan yang menarik. Hasil akhir yang dicapai dari kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman mitra tentang cara membuat desain iklan produk UMKM desa Truko yang baik dan menarik menggunakan Canva. Kreativitas dari mitra dalam membuat desain iklan produk UMKM desa Truko menggunakan ponsel pintar. Keahlian mitra dalam pembuatan desain iklan menggunakan Canva. Manfaat yang didapatkan peserta pelatihan yaitu memberikan pengetahuan berupa dasar membuat desain produk iklan UMKM desa Truko dan meningkatkan kreativitas dalam pembuatan desain menggunakan Canva.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v3i1.6373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia