PEMANFAATAN DESAIN FLYER UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK PADA FORUM KOPERASI DAN USAHA MIKRO KECAMATAN SEMARANG LOR

Mohammad Burhan Hanif, ahmad rifai, Galet Guntoro Setiaji, Krida Pandu Gunata

Abstract


Pengabdian ini dilatar belakangi oleh UMKM GERAI KOPIMI Kecamatan Semarang Lor, yang belum optimal dalam memasarkan produknya karena hanya mengandalkan model pemasaran konvensional yaitu dengan menawarkan dari pintu ke pintu dan memajang hasil usahanya di tempat masing-masing. Selain itu produk dan cara promosi yang ditawarkanpun hanya nampak sederhana terkesan kurang menarik serta kurang mencuri perhatian dan terlihat alakadarnya. Dalam pelaksanaannya, pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan untuk memberikan pengetahuan tentang meningkatkan marketing dengan desain flyer menggunakan aplikasi canva sebagai sarana pemasaran yang mencuri perhatian. Hasil desain flyer ini nantinya akan diterapkan pada sosial media menggunakan teknologi informasi. Kegiatan ini juga akan meningkatkan nilai tambah produk hasil dengan cara desain pengemasan ulang dalam bentuk yang lebih baik dan lebih menarik. Rangkaian kegiatan yang akan dilakukan meliputi inventarisasi permasalahan yang dialami mitra, melakukan perancangan metode pemasaran dan sarana promosi produk, melakukan sosialisasi dan pelatihan terhadap metode yang telah dibuat, evaluasi kegiatan, dan pelaporan hasil kegiatan.

 

Kata Kunci: UMKM, Desain Flyer, Pengemasan Produk

PEMANFAATAN DESAIN FLYER

UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK PADA

FORUM KOPERASI DAN USAHA MIKRO
KECAMATAN SEMARANG LOR

Full Text:

PDF

References


Adharani, Y., Latifah, R., Meilina, P., & Rosanti, N. (2020). Pelatihan Pembuatan Flyer Promosi untuk Menunjang Digital Marketing pada Klinik Kesehatan. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 93 102.

Choirina, P., Tjiptady, B. C., Fadliana, A. F., Rohman, M., Wahyudi, F., & Darajat, ۻPangestuti P. (2022). Peningkatan Marketing UMKM Dengan Pelatihan Desain Grafis Untuk Karang Taruna Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(1), 8 16. https://doi.org/10.33379/icom.v2i1.1195

Lestyowati, J. (2021). Flyer Pembelajaran Di Era Baru : Analisis Penyusunan dan Publikasi Learning Flyer in the New Era : Analysis of Creation and Publication. Jurnal Administrasi Publik, XVII(2), 211 231.

Minarni, M., & Yunita, S. (2022). Pelatihan Desain dan Video Grafis Untuk Meningkatkan Promosi Digital OPD di Kotawaringin Timur. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 5(1), 33 42.

Prasetyo, F., Natong, A., & Tabrani, M. (2022). Pelatihan Membuat Desain Grafis Yang Menarik Untuk Promosi Produk Dan Event Masyarakat Desa Pasirsari. Abdimas, 1(2), 58 62.

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983

Sugiyanto, L., MT, T. A., & Handoko, A. (2021). Analisis Desain Poster Media Promosi Diklat 3 in 1. Jurnal Desain Sekolah Tinggi Desain Interstudi, 143 155.

Ulansari, R., Hartanto, S. R., Setyaningrum, L., Suharyanto, S., & Kurahmadan, T. (2022). PEMBUATAN IKLAN DENGAN CANVA PADA PELATIHAN DI RPTRA. INTIMAS Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 55 61.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v3i1.6137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia