Pelatihan Digitalisasi Dalam Upaya Meningkatkan Bisnis UMKM Di Kelurahan Bulu Lor Semarang Utara Kota Semarang

Dian Triyani, Edy Mulyantomo, Ardiani Ika Sulistyawati

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan di Kelurahan Bulu Lor Kecamatan Semarang Utara   Kota Semarang melalui pemasaran online untuk meningkatkan bisnis UMKM. Berdasarkan hasil analisis situasi maka permasalahan yang dihadapi oleh mitra dapat diidentifikasi sebagai berikut kurangnya pengetahuan dan pemahaman dari pelaku UMKM terhadap teknologi digitalisasi marketing berupa pemasaran online yang masih dinilai belum cukup maksimal serta belum ada pendampingan UMKM menuju Digital Marketing.

Tujuan  dari  kegiatan  ini  adalah  memberikan  pelatihan  Pemasaran  Online  bagi  pelaku  UMKM  di Kelurahan Bulu Lor Kecamatan Semarang Utara   Kota Semarang agar bisnis UMKM meningkat. Manfaat  yang   diharapkan  dengan  adanya  kegiatan  pengabdian  masyarakat  ini  yaitu  para peserta (pelaku) UMKM mempunyai pengetahuan, pemahaman, ketrampilan dan kemampuan dengan   penggunaan teknologi  digital marketing   tentang bagaimana   mengelola usaha UMKM   melalui  Pemasaran Online.

Metode pendekatan yang digunakan dalam mencapai tujuan adalah pendekatan participatory training, yaitu pendekatan yang menekankan pada partisipasi penuh dari mitra dan pendampingan dalam mencapai tujuan. Pendekatan participatory training dilakukan melalui beberapa langkah pembelajaran dalam bentuk pelatihan dan pendampingan.

Rencan target luaran berupa jurnal PkM, media masa cetak dan sertifikat HKI dan Video pelaksanaan yang di-upload di youtube.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v3i1.5958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia