PENINGKATAN KEMAMPUAN BRANDING PRODUK PESERTA DIDIK SMK KOMPETENSI KEAHLIAN KULINER

Herman Novry Kristiansen Paninggiran

Abstract


Branding Produk merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam memasarkan hasil produk. Peserta didik dengan kompetensi keahlian kuliner di SMK NU 01 Kendal disamping dipersiapkan untuk bekerja di industry pengolahan makanan dan minuman, mereka juga diharapkan untuk menjadi entrepreneur di bidang usaha penyediaan makanan. Kompetensi keahlian ini memberikan pengetahuan dan ketrampilan di bidang pengolahan, penyajian dan pelayanan makanan dan minuman. Pemahaman siswa tentang branding produk yang perlu ditingkatkan serta masih terbatasnya pengetahuan tentang cara membranding produk sehingga diperlukan pelatihan yang langsung mempraktekkan tentang cara membuat branding produk. Hal inilah yang menjadi latar belakang pemikiran dari Tim Pengabdian untuk memberikan pelatihan mengenai branding produk yang nantinya dapat menjadi bekal bagi peserta didik ketika mereka memulai usaha mereka dibidang kuliner. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk memahami pentingnya branding produk sebagai salah satu strategi memasarkan produk mereka.

Berdasarkan permasalahan yang diuraikan, tim pengabdian akan membantu memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi. Kegiatan ini berupa pelatihan, praktek langsung, dan pendampingan kepada peserta didik dalam pemahaman mengenai branding produk dan penggunaannya. Selama kegiatan berlangsung, pembicara menyampaikan materi dengan pokok bahasan mengenai branding produk sebagai strategi pemasaran. Kuesioner di bagikan di awal kegiatan (Pre Test) dan di akhir kegiatan (Post Test). PkM ini dilakukan menggunakan metode: ceramah dan praktek.

Hasil evaluasi diperoleh dari hasil pre-test dan post test yang dikerjakan para peserta. Hasil evaluasi menunjukkan danya peningkatan kemampuan pemahaman peserta didik dalam membuat branding produk. Evaluasi yang dilakukan menunjukkan hasil: sebelum kegiatan PkM pemahaman peserta 43% dan setelah kegiatan PkM pemahaman perserta 91%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan pemahaman terhadap materi yang diberikan sebesar 48%.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v3i1.5707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia