Peningkatan Kemampuan Penulisan Buku Ajar Bagi Guru SMA Negeri 5 Semarang

Enggar Dhian Pratamanti, Rati Riana, Anandha Anandha, Qurinta Shinta

Abstract


Seorang guru akan dapat mengajar dengan profesional jika mempunyai penguasaan ilmu yang baik, kreatif, dan inovatif dalam mengajar. Salah satu poin yang disyaratkan untuk guru agar mendapatkan angka kredit adalah menulis karya tulis baik dalam bentuk karya tulis ilmiah atau karya tulis nonilmiah. Salah satu bentuk buku ber-ISBN (International Standart Book Number) yang dapat ditulis guru untuk meningkatkan kualitas profesionalitasnya adalah buku ajar. Tim pengabdi Universitas Semarang mengadakan pelatihan penulisan buku ajar bagi guru SMA Negeri 5 Semarang. Melalui pelatihan ini diharapkan para guru SMA Negeri 5 Semarang dapat menulis karya tulis dalam bentuk buku dengan baik dan benar. Diharapkan pula para guru SMA Negeri 5 Semarang dapat menyusun buku ajar dengan baik agar dapat dipelajari dengan mudah dan tepat guna. Pelatihan ini juga bertujuan agar para guru SMA Negeri 5 Semarang memahami syarat dan langkah menerbitkan buku, sehingga buku ajar yang ditulis bisa mendapat legalitas berupa nomor ISBN.


Full Text:

PDF

References


Gurune.Net. Kenaikan Pangkat Guru Terbaru 2020: tentang Buku 4 dan PAK Guru (online), https://gurune.net/buku-4-pengembangan-profesi-guru-part-1/, 7 Agustus 2021.

Haryati, Titik, Rosalina Ginting, Suwarno Widodo, Kiki Aryaningrum, Bambang Kumoro, Pelatihan Penulisan Buku Ajar bagi Guru Pkn SMA Se-kota Semarang . E-Dimas Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat IKIP PGRI Semarang, 2 (1):94, 2011.

Herman, Hermanto dan Pujiati Suyata, Pelatihan Pembuatan Penulisan Buku Ajar Digital bagi Guru Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Bantul . Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, (3), 2021.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru Pwmbelajar: Buku 4. Jakarta: 2020.

SMA Negeri 5 Semarang. Profil SMA Negeri 5 Semarang (online). https://sman5semarang.sch.id, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v3i1.5691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia