PENGGUNAAN GAMBAR BERSERI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP KSATRIAN 1 SEMARANG

Stefani Dewi Rosaria, Adiprana Yogatama, Hetty Catur Ellyawati, Dini Anggraheni

Abstract


Abstrak

Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini tim pengabdi menangkap permasalahan yang dihadapi para guru mata pelajaran Bahasa Inggris, yaitu dibutuhkannya model pembelajaran yang atraktif, kreatif, dan menarik yang memicu peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif di kelas dan menikmati proses belajar mengajar sehingga ketrampilan berbahasa Inggris mereka meningkat. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk melatih ketrampilan peserta didik untuk berpikir kritis dan aktif dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas melalui media gambar berseri.

Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode ceramah dan diskusi, serta praktik. Metode ceramah adalah dengan memberikan penjelasan mengenai manfaat media gambar berseri dan bagaimana menggunakan gambar berseri dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Setelah para peserta didik dibekali dengan berbagai informasi tentang media gambar berseri, mereka dipandu untuk melakukan praktik bercerita.

Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan partisipasi aktif dari tiap kelompok peserta didik ketika melakukan sesi diskusi. Kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris di dalam kelas menjadi lebih menarik dan atraktif. Para peserta didik saling memberikan komentar terhadap cerita yang dipresentasikan masing-masing kelompok. Penguasaan kosakata peserta didik juga lebih baik karena terbantu dengan adanya visual gambar. Secara umum penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran Bahasa Inggris membantu peserta didik menjadi lebih partisipatif dan aktif di kelas.

 

Kata Kunci: ketrampilan berbicara; penguasaan kosakata; keaktifan peserta didik; gambar berseri

 

 

Abstract

In this community service activity, the service team captures the problems faced by English teachers, namely the need for an attractive, creative, and interesting learning model that triggers students to actively participate in class and enjoy the teaching and learning process so that their English skills increase. The purpose of this community service is to train students' skills to think critically and be active in learning English in the classroom through sequencing picture media.

The method used in this community service is the lecture and discussion method, as well as practice. The lecture method is to provide an explanation of the benefits of using sequencing pictures and how to use it in learning English. After the students were provided with various information about this media, they were guided to practice storytelling.

The results of this community service activity show the active participation of each group of students when conducting discussion sessions. English learning activities in the classroom become more interesting and attractive. The students give each other comments on the stories presented by each group. Students' vocabulary mastery is also better because it is helped by the presence of visual images. In general, the use of picture series media in learning English helps students to be more participative and active in class.

 

Keywords: speaking skill; vocabulary mastery; students activeness; sequencing picture


Full Text:

PDF

References


A.M, Muhaimin. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto, Daryanto. 2002. Media Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media.

Maufur, S. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Sketsa terhadap Hasil Belajar Menulis Karangan Deskripsi Peserta didik Kelas V MIN Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 241-252

Maufur, S., Lisnawati, Susi. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri terhadap Ketrampilan Berbicara Bahasa Indonesia Peserta didik Kelas III MI Al-Washiliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 189-200

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.

Usman, M.U. 2000.Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v3i1.5682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia