PENINGKATAN KEMAMPUAN DIGITAL MARKETING UNTUK PESERTA DIDIK KOMPETENSI KEAHLIAN KULINER DI SMK NU 01 KENDAL

Desika Nur Jannah, Fajriannoor Fanani, Hilda Rahmah

Abstract


Pelatihan Digital Marketing merupakan suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media  digital  atau  internet, untuk menjangkau dan mendapatkan customer lebih banyak, dari pada menggunakan strategi secara konvensional. Keberhasilan digital marketing menjadikan cara ini banyak dipilih oleh para pelaku usaha untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan target penjualan. SMK NU 01 Kendal menjadi salah satu lembaga pendidikan yang turut melibatkan peserta didik sebagai bagian dari pelaku usaha, salah satunya melalui kompetensi Keahlian Kuliner. Sebagai salah satu bagian dari pelaku usaha, pengetahuan peserta didik kompetensi Keahlian Kuliner SMK NU 01 Kendal masih sangat terbatas, sehingga hal ini menghambat peserta didik untuk memasarkan produknya secara lebih luas.Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah peningkatan kemampuan digital marketing untuk peserta didik kompetensi Keahlian Kuliner. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan materi dan pelatihan digital marketing tentang cara bagaimana membuat brand dan konten promosi, menentukan serta memperluas target pasar. Hasil dalam kegiatan ini diharapkan peserta didik mampu melakukan promosi, menjangkau pasar yang lebih luas dan tepat sasaran, dapat meningkatkan penjualan dan menjaga komunikasi antara penjual dan pelanggan secara digital, memanfaatkan media handphone dan laptop yang dimiliki oleh peserta didik

 


Full Text:

PDF

References


Chaffey, D. & Patron, M. (2012). From Web Analytics to Digital Marketing Optimization: Increasing the Commercial Value of Digital Analytics. Journal of Direct, Data, and Digital Marketing Practice, 14(1), 30- 45.

Kotler, P., Kartajaya, H., and Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. Hoboken, NewJersey: JohnWiley& Sons, Inc.

Nurdiyansyah. (2014). Peluang dan Tantangan Pariwisata Indonesia. Alfabeta.

Pitana, I. G., & Diarta, I. K. S. (2019). Pengantar Ilmu Pariwisata. Andi Offset.

Putra, P. (2022, Agustus 22). Kemenkominfo Beri Pelatihan Digital ke 50 Ribu Peserta. https://www.kominfo.go.id/content/detail/30111/kemenkominfo-beri-pelatihan- digital-ke-50-ribu-peserta/0/sorotan_media

Sijabat, R., dkk. (2020). Bisnis Digital. Bandung: CV. MEDIA SAINS INDONESIA.

Supratman, L. P., & Wahyudin, A. (2017). Digital Media Literacy to Higher Students in Indonesia. International Journal English Literature and Social Sciences, 2(5). Diambil dari https://ijels.com/detail/digitalmedia-literacy-to-higher-students in indonesia/.

Sponder, Marshall., Khan, Gohar F. (2021). Digital Analytics for Marketing (Mastering Business Analytics). Milton Park: Routledge.

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran: Prinsip dan Penerapan. CV. Andi.

Wahid, A. (2014). Peram Wartawan Muslim dalam Kegiatan Dakwah. Jurnal Dakwah Tabligh, 15(2). 259-269. https://doi.org/10.24252/jdt.v15i2.353.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v3i1.5675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia