PEMANFAATAN OFFICE 365 POWER POINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GURU MADRASAH ALIYAH DI WILAYAH KKM MA ARIF DEMAK

Nurtriana Hidayati, Muhammad Basyier Ardima, Lenny Margaretta Huizen, Wahyu Maulana Hassanudin

Abstract


Dalam dunia Pendidikan aplikasi Microsoft Office sangat berpengaruh dan perperan penting dalam pengelohan   administrasi   perkantoran.   Microsoft   Office   terdiri   dari   kumpulan   aplikasi perangkat lunak yang dimanfaatkan untuk mengolah, menyimpan, dan mengombinasikan data berbentuk dokumen. Salah satu aplikasi pada Microsoft Office adalah PowerPoint. PowerPoint digunakan untuk kebutuhan presentasi untuk menjelaskan hal yang bisa berupa teks, gambar, audio, grafik, dan video dengan dilengkapi berbagi animasi yang tersedia. Fitur PowerPoint sangat mendukung proses pelaksanaan pendidikan, terutama bagi guru-guru dalam memberikan pengajaran kepada siswa. Program Microsoft Office PowerPoint 365 merupakan salah satu aplikasi yang memiliki fitur lengkap dalam mempresentasikan presentasi mata pelajaran yang di ampu oleh guru MA. Kesadaran Guru-Guru Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MA Ma arif 04, Kab.   Demak   akan   perkembangan   teknologi   informasi   untuk   kreatif   dan   inovatif   dalam menciptakan media ajar yang menarik bagi siswa menjadi latar belakang kegiatan pengabdian ini. Kegiatan dilaksanakan dengan metode pendampingan secara langsung kepada mitra melalui pelatihan dan ujian Ms PowerPoint 365. Luaran akhir yang dicapai dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan mitra dalam program PowerPoint bagi Guru-Guru KKM MA Ma arif 04 Kab. Demak.


Full Text:

PDF

References


Binti N. (2021). Peningkatan Kemampuan Penggunaan Microsoft Office 365 Melalui Pelatihan dan Simulasi pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan Universitas PGRI Yogyakarta. Vol. 5, No 1.

Sri Handayani & Soiful Hadi. (2020). Pelatihan E-Learning Menggunakan Office 365 Bagi Guru-Guru dan Siswa-Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia. Vol. 1, No. 2.

Yunita I, Iskandar W & Ibut P. L. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Transisi Morph dan Zoom Materi Perbandingan. Jurnal Pendidikan Edutama IKIP PGRI Bojonegoro. Vol.7, No.2.

Kadarisman dkk. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Pemanfaatan Microsoft Office 365 sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi COVID19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. Vol. 5, No.02.

Solihin, L., & Setiawan, A. (2020). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Administrasi Menggunakan Aplikasi Perkantoran Pada Karang Taruna Rt05 Rw08 Desa Gelam Jaya Kec. Pasar Kemis Kab. Tangerang.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v3i1.5644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia