PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI IMPLEMENTASI PERPRES NOMOR: 87 TAHUN 2017

Sayoto Makarim, Wawan Setiawan, Saifullah Arif, Ganda Januarta

Abstract


PkM ini bertujuan mensosialisasikan pemahaman penguatan pendidikan karakter yang mengimplementasikan Perpres Nomor  87 Tahun 2017 kepada para siswa SOS Childern s Village kota Semarang. Berada di jalan Durian Raya KM 1 yang telah memiliki sarana dan prasarana yang terdiri dari 14 rumah keluarga, pendopo atau aula yang digunakan untuk berbagai macam kegiatan.

Metode pelaksanaan yang dilakukan untuk pembelajaran siswa SOS Children s Village diawali dengan pengisian pretest dilanjutkan penyampaian materi oleh para nara sumber antara lain dimensi pendidikan karakter sebagai pondasi utama yang meliputi olah hati (etik), olah pikir (literasi), olah rasa (estetik) dan olah raga (kinestetik) di sertai dialog, diskusi dilanjutkan dengan pemateri selanjutnya adalah nilai-nilai utama penguatan pendidikan karakter yang meliputi religius, integritas, nasionalis mandiri dan gotong royong.   Tim PkM melanjutkan lagi  pengajaran penambahan materi tentang pentingnya tri pusat pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat pada anak-anak SOS Children s kota Semarang.

Evaluasi hasil pembelajaran tentang Penguatan Pendidikan Karakter dengan mengimplementasikan Perpres No. 87 Tahun 2017 melalui pretest dan   postest, terdiri dari 12 variabel, hasilnya adalah sbb; hampir semua pernyataan dalam kuesioner mengalami peningkatan pemahaman dengan nilai yg signifikan, hal ini dapt dijelaskan bahwa pemahaman peserta terhadap materi yang disampaikan mengalami peningkatan pemahaman antara 4,77%  s/d 52,38%.   terdapat pada point 1, 2, 3, 4,5,6, 7, 8,9,11 dan 12.   Namun ada beberapa siswa yang belum sepenuhnya memahami materi antara lain;   bahwa cara berpikir dan berperilaku tidak bergantung kepada orang lain dan mempergunakan tenaga pikiran waktu untuk merealisasikan harapan dan cita-cita. Hal ini mengalami penurunan sebesar 4,76%. terdapat pada point 10.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v2i2.5271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia