Pelatihan Strategi Pemasaran Produk secara Online pada Marketplace untuk Pelaku UMKM di Masyarakat Desa Gulang, Kec. Mejobo, Kab. Kudus
Dwi Septiana Sari, Handini Arga Damar Rani, Adi Nova Trisetiyanto, R. Irlanto Sudomo
Abstract
Pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh negara menjadi ancaman global bagi semua bidang kehidupan, termasuk pada pertumbuhan ekonomi. Bisnis menjadi salah satu sektor yang terdampak cukup besar, bahkan mengalami krisis di tengah pandemi ini. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) juga ikut terimbas akibat adanya kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarkat) yang dikeluarkan oleh pemerintan, salah satunya di Kabupaten Kudus. Jumlah UMKM yang ada di Kabupaten Kudus sebanyak 988 (Dinas Koperasi Usaha Kecil & Menengah Provinsi Jawa Tengah, 2021). Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kabupaten Kudus, pada 2020 Kabupaten Kudus mengalami konstraksi penurunan ekonomi sebesar -3,03%. Oleh karena itu, dorongan diberikan pemerintah Kabupaten Kudus agar UMKM mampu bertahan dalam mempromosikan produknya. Berdasarkan latar belakang tersebut tim pengabdian Universitas Ivet akan mengadakan pelatihan strategi pemasaran produk secara online pada marketplace untuk pelaku UMKM di Masyarakat Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Kab. Kudus agar angka penjualan UMKM dapat meningkat dengan peserta masyarakat pelaku UMKM dan para pemuda karang taruna, kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar
References
Biasa, K. M., Tumbel, A. L., & Walangitan, M. D. (2021). Pemanfaatan sistem pemasaran online dan strategi pemasaran dalam menigkatkan pembelian konsumen pada masa pandemic covid-19 (study kasus online shop Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 948 956.
Dinas Koperasi Usaha Kecil & Menengah Provinsi Jawa Tengah. (2021). Data UMKM per Kab/Kota. https://satudata.dinkop umkm.jatengprov.go.id/data/umkm-kabkota
DJP. (2020). Geliat UMKM di masa pandemi. https://www.pajak.go.id/id/artikel/geliat-umkm-di-kala-pandemi
OECD. (2021). Pandemik covid-19 menghantam keras perekonomian emerging Asia (Vol. 2507, Issue February).
Tim Riset iPrice. (2021). Persaingan toko online di Indonesia per kuartal q4 2021. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce
DOI:
http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v2i2.5175
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi:
[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang - Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia