PENDAMPINGAN MANAJEMEN DAN PENGEMBANGAN USAHA SADE AYAM DI SEMARANG

Sulistyorini Sulistyorini, Masine Slahanti, Ayu Nurafni Octavia, Risti Ulfi Hanifah

Abstract


Di Kelurahan Tlogosari Wetan Kecamatan Pedurungan terdapat masyarakat baik individu maupun pengusaha yang telah mendirikan dan membuka outlet usaha kuliner cepat saji berbahan dasar ayam filled, salah satunya yaitu pelaku usaha Sade Ayam . Adapun keunggulan yang dimiliki oleh pelaku usaha sade ayam yaitu harga yang rendah, diferensiasi produk, dan rasa. Akan tetapi pelaku usaha Sade Ayam penerapan dalam pengelolaan manajemen dari segi produksi, pemasaran, keuangan serta pengembangan usaha belum maksimal. Hal ini menyebabkan jumlah pemesanan belum optimal.

Permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha Sade Ayam adalah belum maksimalnya penerapan pengelolaan manajemen (manajemen produksi, manajemen pemasaran, manajemen keuangan) serta pengembangan usaha, yang berdampak pada pemesanan yang belum optimal. Solusi yang ditawarkan adalah pendampingan dan pelatihan dalam pengelolaan manajemen, memotivasi dalam pengembangan usaha, menciptakan strategi dalam produksi dan pemasaran

Hasil yang diperoleh dari kegiatan pada pelaku usaha sade ayam bahwa pelaku usaha menerapkan pengelolaan dalam bidang manajemen dengan manajemen prosuksi, pemasaran dan keuangan, pelaku usaha termotivasi dalam mengembangan usaha dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, sehingga akan berdampak pada peningkatkan angka pemesanan .

Full Text:

PDF

References


Singgih, M., Prajitiasari, E. D., Suhartadi, K., & Nugraha, W. (2022). PENDAMPINGAN MANAJEMEN DAN PENGEMBANGAN USAHA KULINER DONATE. 2(1), 146 155.

Siagian, P., Sondang. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT.Bumi Aksara. 2016. Jakarta

Yani., H.M. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Mitra Wacana Media. 2012. 1 Jil., Hal:230.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v2i2.5138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia