Pelatihan Online Marketing Dalam Upaya Peningkatan Omset Pada Pelaku UMKM di Kelurahan Purwoyoso Kecamamatan Ngalian Semarang
Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan di kelurahan Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang melalui pemasaran online sehingga omset penjualan meningkat. Berdasarkan hasil analisis situasi maka permasalahan yang dihadapi oleh mitra dapat diidentifikasi sebagai berikut kurangnya pengetahuan dan pemahaman dari pelaku UMKM terhadap teknologi digitalisasi marketing berupa pemasaran online yang masih dinilai belum cukup maksimal serta belum ada pendampingan UMKM menuju Digital Marketing.
Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan Pemasaran Online bagi pelaku UMKM di kelurahan Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang agar omset penjualan meningkat. Manfaat yang diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu para peserta (pelaku) UMKM mempunyai pengetahuan, pemahaman, ketrampilan dan kemampuan dengan penggunaan teknologi digital marketing tentang bagaimana mengelola usaha UMKM melalui Pemasaran Online.
Metode pendekatan yang digunakan dalam mencapai tujuan adalah pendekatan participatory training, yaitu pendekatan yang menekankan pada partisipasi penuh dari mitra dan pendampingan dalam mencapai tujuan. Pendekatan participatory training dilakukan melalui beberapa langkah pembelajaran dalam bentuk pelatihan dan pendampingan.
Rencan target luaran berupa jurnal PkM, media masa cetak dan sertifikat HKI dan Video pelaksanaan yang di-upload di youtube.
Full Text:
PDFReferences
UU no. 20 tahun 2008, Undang-undang (UU) tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2009 Tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif Presiden Republik Indonesia.
Kompas.com 27/03/2020, Terpukul Corona, Ini 5 Keluhan Para Pelaku UMKM ,
https://money.kompas.com/read/2020/03/27/190000026/terpukul-corona-ini-5-keluhan-para-pelaku-umkm?page=all
Kompas .com/Fabian Januarius Kuwado, Wawanca khusus Mentri Koperasi dan UMKM Teten Masduki dengan kompas.com, Kamis (23/1/2020), Artikel Terpukul Corona, Ini 5 Keluhan Para Pelaku UMKM
Wartaekonomi.co.id/Di Tengah Covid-19, Pemasaran Online dan Digital Branding Jadi Pilihan, 14/4/2020, https://wartaekonomi.co.id/read280988/di-tengah-covid-19-pemasaran-online-dan-digital-branding-jadi-pilihan
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v2i2.5132
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi:
[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang - Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia