PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT DESAIN PROMOSI PRODUK PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PROPINSI JAWA TENGAH

Saifur Rohman Cholil, Vensy Vydia, Aria Hendrawan

Abstract


Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pemain utama dalam kegiatan perekonomian di Indonesia dan juga sebagai penggerak perekonomian. Pembangunan masa depan terletak pada kemampuan UMKM untuk berkembang secara mandiri. Pemberdayaan UMKM menjadi sangat penting dan strategis dalam mengantisipasi perekonomian terutama dalam memperkuat struktur perekonomian nasional. Desain merupakan salah satu kebutuhan wajib pada saat promosi. Desain grafis sendiri merupakan karya seni untuk berkomunikasi. Karya tersebut dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan informasi atau pesan dalam bentuk visual. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah. tersampaikan masih kurangnya pemahaman desain untuk promosi produk, selama ini promosi produk di media sosial hanya melalui foto produk. Hal tersebut terjadi karena keterbatasan pengetahuan dan penguasaan aplikasi untuk membuat desain promosi produk masih sangat minim. Kegiatan ini dilakukan dengan metode pendampingan yang komprehensif kepada mitra melalui sosialisasi aplikasi Corel Draw, sehingga membantu mitra dalam praktek pembuatan desain promosi produk yang baik dan menarik. Output akhir yang dicapai dari kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan mitra kerja dalam menggunakan komputer sebagai sarana pengembangan kreativitas di bidang desain grafis. Secara ilmiah, hasil akhir dari kegiatan pengabdian ini adalah publikasi hasil pengabdian ini di jurnal layanan dan publikasi media massa.


Full Text:

PDF

References


Agung, G. (2018). 101 Tip & Trik Corel Draw 2018. Jakarta: Elex Media Computindo.

Cholil, S. R., Hidayati, N., & Khoirudin. (2020). Peningkatan Kemampuan Membuat Desain Grafis dengan Corel Draw Pada Siswa Ma Al-Wathoniyyah Semarang. Semarang: Tematik.

Chrismardani, Y. (2014). KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU : IMPLEMENTASI UNTUK UMKM. Madura: Jurnal NeO-Bis Volume 8, No. 2, Desember 2014 .

Fitriasari, N. S., Rosalia, A. A., & Anzani, L. (2020). Website E-Commerce sebagai Media Promosi Penjualan Pengolahan Hasil Laut Kelompok Istri- Istri Nelayan di Karangantu. Bogor: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat.

Hendratman, H. (2008). Tips n Trix Computer Graphics Design. Bandung: Bandung Informatika.

Madcoms. (2013). Panduan Belajar Corel Draw Graphics Suite X6. Yogyakarta: Andi-Yogyakarta.

Mege, S. R., Werdani, R. E., & Kurniawati, N. I. (t.thn.). Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat.

Nurussaniah, Anita, Boisandi, Saputri, D. F., Sukadi, E., Sari, I. N., . . . Wahyudi. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Fisika Berbasis ICT bagi Guru di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Pontianak: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat.

Rustan, S. (2009). Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suparno, M. S. (2016). Kreasi Desain Grafis Inovatif dengan Corel Draw. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Wibowo , D. H., Arifin , Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Malang: Jurnal Administrasi Bisnis.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v2i2.5129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia