PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU SMK YAYASAN PHARMASI SEMARANG DALAM MENULIS TEKS BERBASIS WEB: BERITA DAN OPINI

Agus Edy Laksono

Abstract


SMK Yayasan Pharmasi Semarang sebagai sekolah yang memiliki tiga kompetensi keahlian, yaitu Farmasi, Perhotelan, dan Bisnis Daring dan Pemasaran telah memiliki media penyampai informasi berupa situs web, yaitu https://smkyaphar.sch.id/. Dalam situs tersebut, berbagai informasi telah disampaikan seperti visi-misi, jurusan, prestasi, fasilitas, karier, pengumuman, berita, dan tulisan guru. Namun, berdasarkan pengamatan tim pengabdian kepada masyarakat, masih ada yang perlu dikembangkan lagi, terutama penulisan berita dan opini. Dalam penulisannya, judul-judul berita masih perlu diperbaiki. Selain itu, pembuatan beberapa tubuh beritanya masih menonjolkan gambar daripada tulisan. Kolom guru yang berfungsi sebagai media bagi para guru untuk mennyampaikan ide dalam bentuk tulisan belum maksimal. Para guru sepertinya belum termotivasi untuk menulis. Sebanyak 70 guru di SMK Yayasan Pharmasi Semarang, hanya 2 guru yang tulisannya dimuat di situs web tersebut. Pengetahuan dan keterampilan para guru dalam menulis opini masih harus ditingkatkan. Guru sebagai akademisi seharusnya mampu menyampaikan ide-ide melalui tulisan. Selama ini, pengetahuan para guru tentu tidak diragukan lagi dalam mengajarkan ilmu mereka, tetapi keterampilan untuk menuangkan ilmunya dalam sebuah tulisan masih perlu diasah.

Melalui metode pelatihan: diskusi, tanya jawab, dan praktik menulis dengan bimbingan tiga instruktur yang memiliki satu bidang ilmu kepakaran, yaitu Bahasa Indonesia, para guru sekarang sudah mulai dapat menulis berita dan opini. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang didapat yakni penambahan jumlah berita di situs tersebut dengan judul yang bervariasi dan lebih menarik. Selain itu pada kolom opini, tampak tulisannya mulai bertambah.

Luaran yang dicapai dari kegiatan ini berupa berita yang disampaikan di media massa dan dihasilkannya buku ajar penulisan teks berbasis web khususnya opini dan berita. Selain luaran itu, peningkatan pengetahuan dan keterampilan para guru juga sudah terlihat dari hasil kuesioner yang diolah dengan skala Guttman. Sebelum pelatihan, nilai rata-ratanya 41,18 sedangkan setelah pelatihan menjadi 81,76.


Full Text:

PDF

References


Addani, M. R. (2020, 16 Desember). Pengenalan apa itu website beserta fungsi, manfaat, dan cara membuatnya [Unggahan Blog]. Diakses dari https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-website/

Idprogrammer. (2019, 9 September). Manfaat website bagi lembaga pendidikan [Unggahan Blog]. Diakses dari https://idprogrammer.com/banyaknya-manfaat-website-bagi-lembaga-pendidikan/

Mardatila, A. (2021, 21 Januari). Mengenal pengertian website, ketahui jenis dan fungsinya [Unggahan Blog]. Diakses dari https://www.merdeka.com/sumut/pengertian-website-fungsi-beserta-jenis-jenisnya-kln.html




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v2i2.4778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia