PEMANFAATAN PLATFORM YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU-GURU KELOMPOK KERJA MADRASAH (KKM) MA MA ARIF KABUPATEN DEMAK

Aria Hendrawan, agusta praba ristadi pinem, Lenny Margaretta Huizen

Abstract


Youtube adalah jaringan media sosial yang paling banyak diminati masyarakat dewasa ini. Dalam konteks pembelajaran, Youtube dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media ajar. Hal ini disinyalir dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Perkembangan Youtube sebagai salah satu media sosial yang paling digemari merupakan sebuah peluang di dunia Pendidikan. Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam mengembangkan sumber daya manusia berkualitas. Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran. Guru-Guru Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MA Ma arif Kab. Demak merupakan Lembaga Pendidikan yang dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam menciptakan media ajar yang baru dan menarik bagi siswa. Kegiatan    ini    dilaksanakan    dengan    metode    pendampingan    secara  komprehensif kepada mitra melalui    pelatihan dalam penggunaan Youtube sebagai media pembelajaran. Luaran    akhir    yang    akan    dicapai    dari    kegiatan    ini    adalah    meningkatnya kemampuan    mitra dalam    penggunaan    Youtube  sebagai    alat    pembelajaran di Guru-Guru KKM MA Ma arif Kab. Demak. Pelatihan yang berlangsung. Hasil dari kegiatan ini adalah seluruh Guru-Guru KKM MA Ma arif Kab. Demak dapat memahami penggunaan platform Youtube sebagai media sarana pembelajaran untuk mengembangkan kreativitas dalam pembuatan bahan ajar audio visual serta meningkatnya kemahiran dalam penggunaan platform Youtube.


Full Text:

PDF

References


Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung, 9(1).

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v2i2.4679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia