PENINGKATAN PEMAHAMAN KITA-KIAT CARA MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PENGRAJIN BATIK DI KOTA SEMARANG

Hardani Widhiastuti, Mulya Virgonita I.Winta, Moch Jodhy J.Rachamn, Dyah Nirmala Arum Janie

Abstract


Pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya kepuasan pelanggan bagi
keberlangsungan usaha Batik pada pengrajin Batik di Semarang sangat penting. Pelatihan
tentang kiat-kiat cara meningkatkan kepuasan pelanggan dilakukan untuk meningkatkan
pengetahuan dan pemahaman pengrajin Batik agar dapat memahami pentingnya menjaga dan
meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelatihan dilakukan pada 38 UMKM pemilik/ pengrajin
Batik. Kegiatan dilaksanakan dengan memberikan ceramah dan mengerjakan tugas dalam
lembar kerja. Metode analisis yang dipergunakan adalah metode kuantitatif dengan perhitungan
Wilcoxon Signed Rangk Test, dengan membandingkan antara evaluasi awal dan evaluasi akhir
yang diperoleh dari akumulasi sample rata-rata. Hipotesis yang dibangun adalah ada perbedaan
pemahaman para pemilik usaha Batik di area Jawa Tengah antara sebelum dan sesudah
diadakan pelatihan tentang Kiat-kiat Memuaskan Pelanggan. Hasil perhitungannya adalah
bahwa berdasarkan nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0,038 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha
diterima, yang artinya ada perbedaan rata-rata skor sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelatihan kiat memuaskan pelanggan cukup efektif
dalam meningkatkan persepsi pemilik usaha batik untuk memberikan pelayanan yang
memuaskan bagi pelanggan.

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v2i1.4537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia