PEMANFAATAN APLIKASI EDMODO SEBAGAI ALAT BANTU PENGAJARAN PADA GURU SD NEGERI WONOSARI 01 SEMARANG

Prind Triajeng Pungkasanti, Nur Wakhidah, Nutriana Hidayati

Abstract


Pemerintah mewajibkan semua penduduk mengikuti program wajib belajar pendidikan dasar selama dua belas tahun dengan rincian enam tahun pendidikan di sekolah dasar, tiga tahun di sekolah menengah pertama, dan tiga tahun di sekolah menengah atas. Sistem pengajaran yang diterapkan di sekolah selama ini masih menggunakan metode pengajaran Teacher Learning Center (TCL) yang mana guru hanya memberikan materi di depan kelas dan memberikan tugas untuk mengukur penangkapan siswa mengenai materi yang diberikan pada saat itu. Sistem pengajaran TCL hanya bisa dilakukan saat Proses Belajar Mengajar (PBM) dilakukan secara tatap muka pada saat guru dan siswa bertemu di dalam kelas. Namun pada pandemic Covid-19 ini PBM TCL tidak dapat dilakukan, sehingga Pemerintah dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dituntut untuk mengeluarkan kebijakan pendidikan dengan mengedepankan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga dan masyarakat, maka pembelajaran secara daring, salah satunya SDN Wonosari 01 Semarang. PBM di SDN Wonosari 01 Semarang juga sudah menggunakan aplikasi pengajaran secara daring, namun belum adanya keseragaman dalam menggunakan aplikasi pembelajaran secara daring tersebut, sehingga menjadi kendala bagi guru, siswa, dan terutama bagi orang tua siswa yang ikut membantu mendampingi siswa selama PBM. Edmodo merupakan platform media sosial, seperti facebook yang dikembangkan khusus untuk siswa dan guru dalam suatu ruangan kelas virtual yang dapat berfungsi untuk melaksanakan pembelajaran yang menarik dan mudah digunakan (Subiyantoro, 2013). Edmodo membuat pembelajaran menjadi dapat diselenggarakan dimana saja dan kapan saja tidak terbatas ruang dan waktu. Pemanfaatan Aplikasi Edmodo sebagai aplikasi yang digunakan dalam PBM di SDN Wonosari 01 Semarang sehingga memudahkan para guru dalam menyampaikan materi, memberikan tugas, dan video pembelajaran, selain itu memudahkan para guru untuk melakukan penilaian dan merekap kehadiran siswa.

Full Text:

PDF

References


Ramadhani. Hetti Sari. 2017. Efektivitas Metode Pembelajaran SCL (Student Centered Learning) dan TCL (Teacher Centered Learning) pada Motivasi Instrinsik & Ekstrinsik Mahasiswa Psikologi Untag Surabaya Angkatan Tahun 2014 2015. Jurnal Psikologi Indonesia. Volume 6, No. 2, Desember 2017. ISSN. 2301-5985.

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. 2020. https://covid19.go.id/. Diakses Jumat, 28 Agustus 2020.

Subiyantoro, E. dkk. 2013. Simulasi Digital Jilid I. Jakarta: Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Tim Dapodikbud. (20337700) SD NEGERI WONOSARI 01. http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/408C0659-2DF5-E011-928C-8F4A488B41C4. Diakses 20 Januari 2021.

Wikimedia Project. Edmodo. 2020. https://id.wikipedia.org/wiki/Edmodo. Diakses 11 November 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v2i2.4385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi:

[Journal ABDIMAS TEMATIK] adalah jurnal ilmiah yang di terbitkan oleh LPPM Universitas Semarang -  Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia