Penyuluhan Dan Pelatihan Digital Marketing Bagi Perempuan Wirausaha Di Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.26623/tmt.v5i1.10062Keywords:
Digital Marketing, Perempuan Wirausaha, Penyuluhan, PelatihanAbstract
Mayoritas UMKM di Indonesia dijalankan oleh Perempuan. Untuk itu Perempuan Pengusaha memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. Salah satu tujuan yang ingin dicapai Pemerintah adalah memperkuat wanita pengusaha termasuk di wilayah jawa tengah pada skala micro,menengah maupun besar. Agar tujuan dapat tercapai, maka dibutuhkan beberapa strategi dan kegiatan yang mendukung agar semua kendala ataupun masalah yang ditemui para pengusaha wanita dapat segera teratasi. Kendala yang sering ditemui adalah gagap tekhnologi yang dirasakan para pengusaha menghadapi perubahan tekhnologi yang teramat cepat. Tim pengabdian kepada masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang telah melaksanakan kegiatan pada hari Selasa Tanggal 25 Juni 2024 dan telah memiliki luaran berupa publikasi jurnal pengabdian TEMATIK pada Universitas Semarang, publikasi media massa dan HAKI berupa video yang sudah diupload di youtube.References
Jannah, D. N., Fanani, F., & Rahmah, H. (2022). Peningkatan Kemampuan Digital Marketing Untuk Peserta Didik Kompetensi Keahlian Kuliner di SMK NU 01 Kendal. In Jurnal Tematik (Vol. 4, Issue 2). https://journals.usm.ac.id/index.php/tematik
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 3.0: From Products to Customers to the Human Spirit (pp. 139–156). https://doi.org/10.1007/978-981-10-7724-1_10
Philip, K., Hermawan, K., & Iwan, S. (2017). Marketing 4.0-Moving from Traditional to Digital.
Ramaswamy, V., & Ozcan, K. (2016). Brand value co-creation in a digitalized world: An integrative framework and research implications. International Journal of Research in Marketing, 33(1), 93–106. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2015.07.001
Sugiyanto, E. K., Suharnomo, & Perdhana, M. S. (2024). Women’s Empowerment in The Framework of Developing Innovative Behavior for Women’s Entrepreneurial Success. Journal of Women’s Entrepreneurship and Education. https://doi.org/10.28934/jwee24.34.pp50-72
Sugiyanto, E. K., & Wijayanti, R. (2024). Driver Factors of Successful Woman Entrepreneurs Go Green: A Systematic Literature Review and Future Research Agenda. In B. Alareeni & A. Hamdan (Eds.), Technology: Toward Business Sustainability. ICBT 2023 (pp. 342–356). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-031-54009-7_32
Suryanto, D. (2021). Digital Marketing, Msme Product Marketing Innovation. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 2(6), 1308–1315. https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i6.233
Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746