Psikoedukasi Tentang Anak Berkebutuhan Khusus Di Tk Bunga Bangsa Universal School Semarang
DOI:
https://doi.org/10.26623/tmt.v5i1.10389Keywords:
Psikoedukasi, ABK, regulasi emosi,Abstract
Pengabdian ini bertujuan meningkatkan pemahaman guru dan orang tua dalam mendampingi anak berkebutuhan khusus agar dapat mendukung proses belajar pada siswa yang memiliki kebutuhan khusus. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah psikoedukasi dengan pemberian materi melalui ceramah, diskusi serta teknik pelepasan emosi sederhana. Kegiatan pengabdian telah dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2024 mulai pukul 08.00 hingga pukul 11.00 WIB., yang diikuti 28 orang guru dan orang tua di TK Bunga Bangsa Universal School Semarang. Hasil pengabdian menunjukkan adanya meningkatnya pemahaman peserta, hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungannya yaitu nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada perbedaan rata-rata skor sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan psikoedukasi tentang ABK, sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan psikoedukasi yang diberi tajuk Mengenal dan Memahami Anak Berkebutuhan Khusus cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman guru dan orang tua tentang anak berkebutuhan khusus.
References
Desiningrum. 2016. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.
Gross, J. J. 2007. Handbook of Emotion Regulation. New York: The Guilford Press.
Hasanah dan Widuri. 2014. Regulasi Emosi pada Ibu Single Parent. Jurnal Psikologi Integratif. Vol. 2. No. 1, 86-92.
Hurlock, E. B. 2014. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Sobur, A. 2013. Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Yogyakarta: Pustaka Setia
Pusvitasari, P., Wahyuningsih, H., & Astuti, Y. D. (2016). Efektivitas Pelatihan Regulasi Emosi untuk Menurunkan Stress Kerja pada Anggota Reskrim. Jurnal Intervensi Psikologi, 8 (1), 127-145
Rachmawati, A., & Cahyanti, Ika Y. (2021). Strategi Regulasi Emosi terhadap Stress Akademis Selama Menjalani Kuliah Daring di Masa Pandemi Covid-19. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, 1 (1), 96-103
Rahayu, Retno S., Astuti, I., & Yusuf A. (2016). Deskripsi Kemampuan Siswa Mengelola Emosi pada Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan, 1-10
Maharani, S. T., & Nursalim, M. Hubungan antara Efikasi Diri dan Regulasi Emosi Individu terhadap Kemampuan Resiliensi Peserta Didik di SMP Negeri 10 Surabaya, 705-714
Nabilah, S. M., & Hadiyati, F. N. R. (2021). Hubungan antara Kelekatan pada Ibu dan Regulasi Emosi Remaja pada Siswa Kelas X dan XI SMA Boarding School. Jurnal Empati, 10 (5), 305-309
Widhiastuti, H., Winta, MVI., dan Nusandari, A. (2024) Konseling Kelompok Untuk Peningkatan Kepercayaan Diri Warga Binaan Perempuan. Tematik Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (1), 2024, 58-68