Sosialisasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) untuk Guru SMK Sultan Trenggono
DOI:
https://doi.org/10.26623/tmt.v5i1.11170Keywords:
Sosialisasi, TPACK, guru SMK, pembelajaranAbstract
Sosialisasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi, pedagogi, dan konten dalam pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK Sultan Trenggono dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman guru mengenai konsep TPACK hingga 70% serta kemampuan mereka dalam menyusun kerangka kerja TPACK untuk mendukung proses pembelajaran. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, pelatihan, dan praktik langsung yang melibatkan peserta secara aktif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sebagian besar peserta berhasil memahami konsep TPACK dan mampu mengaplikasikannya dalam konteks pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Kegiatan ini memberikan kontribusi positif dalam mendorong profesionalisme guru SMK, khususnya dalam menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21 yang semakin kompleks.References
Nabila, A., Solihat, A. N., & Gumilar, G. (2023). Pengaruh Technological Pedagogical Content Knowledge Dan Persepsi Profesi Guru Terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Jurnal Riset Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 240-258.
Rahmawati, F. P., & Khoirurrosyid, M. (2022). Sosialisasi Pembelajaran Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan Kecakapan Abad 21 pada Guru MI Muhammadiyah Kecamatan Miri. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 221-229.
Ramdhani, M. R., & Adawiyah, R. (2023). Strategi Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Kejuruan (SMK) Islam Swasta pada Era 4.0. Progressive of Cognitive and Ability, 2(3), 180-191.
Zulfikar, M. (2023). Kompetensi TPACK Calon Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(2), 146-153.