Pelatihan Workshop Management Aadministration Smart Rapid Service untuk Meningkatkan Kompetensi Bisnis Sepeda Motor Era Society 5.0 di SMK Ma’arif NU 1 Limpung

Authors

  • Bayu Ariwibowo Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Universitas Ivet Author
  • Fuad Abdillah Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Universitas Ivet Author
  • Fahmy Fatra Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Universitas Ivet Author
  • Budiyanto Budiyanto Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Universitas Ivet Author
  • Syahrunnesa Nurrochim Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Universitas Ivet Author

DOI:

https://doi.org/10.26623/tmt.v5i1.11215

Keywords:

Workshop Management, Aplikasi, Teaching Factory, Tune-up, Vocational Education

Abstract

SMK Ma’arif NU 1 Limpung berdasarkan pengamatan telah menerapkan konsep Teacing Factory dalam pembelajaran. Kegiatan ini berjalan dengan baik, namun masih memiliki kendala yaitu pada pencatatan administrasi jasa servis. Perlu adanya pelatihan khusus bagi guru dan siswa dalam mengelola data pelanggan servis yang masuk secara administratif dengan memanfaatkan teknologi. Dengan Workshop Management Administration, peserta pelatihan akan mendapatkan keterampilan dalam mengelola data pelanggan secara professional. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan kompetensi bisnis sepeda motor di era society 5.0 dengan memanfaatkan aplikasi Workshop Management Administration Smart Rapid Service. Pengabdian dilaksanakan dengan metode training simulasi dan pertemuan dilaksanakan secara langsung. Hasilnya adalah terdapat peningkatan keterampilan pengelolaan data pelanggan yang lebih administrative. Dari 20 peserta, 75% peserta mengalami peningkatan dengan kategori sangat baik, dan 25% peserta dengan baik. Hal tersebut dapat diukur dalam keterampilannya saat memasukkan data pelanggan, data pembelaian barang, mengecek penjualan, biaya jasa, mengecek stok barang dan mencetak nota pembayaran.

References

Ariwibowo, B., Slamet, A., & Syamwil, R. (2018). Development of learning model of project-based learning integrated with entrepreneurship in the productive learning of motorcycle tune-up competence. Journal of Vocational and Career Education, 3(1).

Dewi, W. N. A., Widiyawati, Y., Nurwahidah, I., & Ariwibowo, B. (2024). Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Motivasi Lulusan SMK dalam Dunia Kerja. TEMATIK, 4(2), 25-31.

Maisur, H. (2023). Implementation of Income and Expense Recognition at AHASS Jaya Servis. Nexus Synergy: A Business Perspective, 1(3), 168-192.

McMillan, Alex. 2013. Menjadi Seorang Entrepreneur Sukses. Terjemahan Alexandra. Jakarta Barat: PT Indeks.

Putra, N. M. (2021). Implementasi Teaching Factory Kompetensi Keahlian Teknik Dan Bisnis Sepeda Motor Di Smk Ma’arif 1 Wates. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 4(1), 57-68.

Rafidiyah, D., & Kailani, A. (2020). Identifikasi Potensi Smk Muhammadiyah Sebagai Lembaga Pendidikan Vokasi Yang Berkemajuan: Studi Fenomenologi Terhadap Penerapan Program Revitalisasi SMK Di Indonesia: Identification Of Potential Of SMK Muhammadiyah As A Progressing Vocational Education Institution: A Phenomenology Study Of The Implementation Of Vocational School Revitalization Programs In Indonesia. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 49-66.

Rose, Richard. 2007. “Estonian Vocational Teachers’ Attitudes Towards Inclusive Education for Students with Special Educational Needs”. International Journal of Special Education. 22 (3): 97-108.

Sawitri, C. P., Apriyanto, N., & Ariwibowo, B. (2022). Pengaruh Teaching Factory Dan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKRO Sub Kompetensi Sistem Pengapian Konvensional Di SMK Harapan Mulya Kendal. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, 4(1), 133-141.

Spektrum Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (2016). Struktur Kurikulum SMK Bidang Teknologi dan Rekayasa. Kemdikbud

Wuryandini. 2014. Pengembangan Model Project-Based Learning Materi Larutan Penyangga Berorientasi Soft Skill Entrepreneur. Rangkuman Tesis. Semarang: Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2025-01-31

Issue

Section

Articles