Pelatihan Strategi Live Streaming Pada Aplikasi TikTok
DOI:
https://doi.org/10.26623/tmt.v5i1.11335Keywords:
Live straeming, platform, teknologi digital, TikTokAbstract
Era globalisasi perkembangan teknologi digital semakin meningkat. Media promosi bisa menggunakan aplikasi TikTok dimana aplikasi ini sudah digunakan semua kalangan masyarakat. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas IVET berinisiatif memberikan pelatihan strategi live streaming untuk diunggah di TiTok. Permasalahan yang dihadapi karang taruna Desa Sawangan adalah minimnya pengetahuan atau keahlian dikarenakan masih belum adanya terdapat pelatihan ataupun pendampingan dalam proses pembuatan live streaming masih terbatas. Berdasarkan hasil evaluasi, live streaming sangat bermanfaat bagi karang taruna Desa Sawangan terutama meningkatkan kreatifitas bertujuan untuk peningkatan kemajuan dan menghasilkan video live streaming berkualitas tinggi. Selain itu hasil dari pelatihan ini karang taruna mendapatkan edukasi dan mempraktekkan live streaming, dan mengunggah di aplikasi Tik Tok sebagai media promosi UMKM berupa produk madu dan terasi. Sehingga produk UMKM lebih luas jangkauan pemasarannya sehingga meningktakan penghasilan Masyarakat Desa SawanganReferences
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132
Ilmu, F., Universitas, K., & Bandung, I. (2024). Live Streaming TikTok sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital TMADE Artisan Souvenir. 7, 37–52.
Novita, D., Herwanto, A., Cahyo Mayndarto, E., Anton Maulana, M., & Hanifah, H. (2023). Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Media Promosi Pemasaran Dalam Bisnis Online. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2543–2550. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13312
Purnamasari, D., Rani, H. A. D., Prasetyani, H., & Kurniawati, K. (2024). Pelatihan Pemanfaatan MarketPlace E-Commerce Pada Pelaku UMKM Desa Pongangan Gunung Pati. Tematik, 4(2), 18. https://doi.org/10.26623/tmt.v4i2.9831
Rahmawati, D., Anwar, R. B., Farida, N., & Rahmawati, Y. (2024). Ruang Pengabdian ( Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat ) Optimalisasi Penggunaan Tik Tok sebagai Digital Marketing UMKM. 4(1), 9–15.
Utomo, D. P., Purba, B., & Waruwu, F. T. (2022). Pelatihan Editing Video Guna Peningkatan Kreativitas Karang Taruna Pada Desa Mangga Dua. Jurnal Mitra Pengabdian Farmasi, 1(2), 32–36. https://www.ejurnal.akfar-mandiri.ac.id/index.php/abdimas/article/view/11
Wijaya, M. H. dwi, & Mashud, M. (2020). Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar: Studi Pada Hyperrealitas Tik Tok. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 170–191. https://doi.org/10.31538/almada.v3i2.734