Peningkatan Literasi Keuangan pada UMKM di Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.26623/tmt.v5i1.11528Keywords:
Literasi keuangan, UMKM sendangmulyo, pasca covid, pembukuan, fintechAbstract
Masalah yang dihadapi oleh pelaku UMKM di Kelurahan Sendangmulyo Kecamatan Tembalang Kota Semarang adalah kurangnya pemahaman dan keterbatasan dalam pengelolaan keuangan usaha mereka. Banyak pelaku UMKM yang belum memahami konsep keuangan secara menyeluruh.Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan literasi keuangan kepada UMKM di Sendangmulyo yang terdampak oleh pandemi COVID-19. Pandemi ini menuntut UMKM untuk bertahan agar tidak mengalami kebangkrutan.
Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah dengan memberikan pelatihan langsung melalui tutorial di lapangan, mengajarkan cara pembuatan laporan keuangan serta penerapan literasi keuangan. Diharapkan hasil dari kegiatan ini adalah UMKM di Sendangmulyo dapat memahami pengelolaan keuangan dengan baik, mampu menyusun laporan keuangan yang benar, serta memprediksi harga jual dan keuntungan produk yang mereka pasarkan
References
Abor, J. (2005). The effect of capital structure on profitability: an empirical analysis of listed firms in Ghana. Journal of Risk Finance, 6(5), 438–445. https://doi.org/10.1108/15265940510633505
Cohen, S., Naoum, V. C., & Vlismas, O. (2014). Intellectual capital, strategy and financial crisis from a SMEs perspective. Journal of Intellectual Capital, 15(2), 294–315. https://doi.org/10.1108/JIC-11-2013-0110
Eresia-Eke, C. E., & Raath, C. (2013). SMME Owners’ financial literacy and business growth. Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(13), 397–406. https://doi.org/10.5901/mjss.2013.v4n13p397
Gur, N., Babacan, M., Aysan, A. F., & Suleyman, S. (2023). Firm Size and Financing Behavior during COVID-19 Pandemic: Evidence from SMEs in Istanbul. Borsa Istanbul Review, 23(4), 804–817. https://doi.org/10.1016/j.bir.2023.02.001
jurnal pkm winda. (n.d.).
Koropp, C., Kellermanns, F. W., Grichnik, D., & Stanley, L. (2014). Financial Decision Making in Family Firms: An Adaptation of the Theory of Planned Behavior. Family Business Review, 27(4), 307–327. https://doi.org/10.1177/0894486514522483
Kunttu, A., & Torkkeli, L. (2015). Service innovation and internationalization in SMEs: Implications for growth and performance. Source: Management Revue, 26(2), 83–100. https://doi.org/10.1688/mrev-2015-02-Kunttu
Li, L., Chen, Z., & You, J. (2024). Exploring the impact of religious culture on financial constraints: The moderating role of environmental responsibility, innovation, and law enforcement on SMEs. Finance Research Letters, 69. https://doi.org/10.1016/j.frl.2024.106050
Mapping the Creative industries: a toolkit. (n.d.).
Rachmawati , 2024. (n.d.).
Saadah, K., & Setiawan, D. (2024). Determinants of fintech adoption: evidence from SMEs in Indonesia. LBS Journal of Management & Research, 22(1), 55–65. https://doi.org/10.1108/lbsjmr-11-2022-0076