Peningkatan Literasi Keuangan pada UMKM di Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang

Authors

  • windasari rachmawati semarang university Author
  • abdul karim semarang university Author
  • Muhammad iqbal semarang university Author

DOI:

https://doi.org/10.26623/tmt.v5i1.11528

Keywords:

Literasi keuangan, UMKM sendangmulyo, pasca covid, pembukuan, fintech

Abstract

Masalah yang dihadapi oleh pelaku UMKM di Kelurahan Sendangmulyo Kecamatan Tembalang Kota Semarang adalah kurangnya pemahaman dan keterbatasan dalam pengelolaan keuangan usaha mereka. Banyak pelaku UMKM yang belum memahami konsep keuangan secara menyeluruh.
Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan literasi keuangan kepada UMKM di Sendangmulyo yang terdampak oleh pandemi COVID-19. Pandemi ini menuntut UMKM untuk bertahan agar tidak mengalami kebangkrutan.
Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah dengan memberikan pelatihan langsung melalui tutorial di lapangan, mengajarkan cara pembuatan laporan keuangan serta penerapan literasi keuangan. Diharapkan hasil dari kegiatan ini adalah UMKM di Sendangmulyo dapat memahami pengelolaan keuangan dengan baik, mampu menyusun laporan keuangan yang benar, serta memprediksi harga jual dan keuntungan produk yang mereka pasarkan

References

Abor, J. (2005). The effect of capital structure on profitability: an empirical analysis of listed firms in Ghana. Journal of Risk Finance, 6(5), 438–445. https://doi.org/10.1108/15265940510633505

Cohen, S., Naoum, V. C., & Vlismas, O. (2014). Intellectual capital, strategy and financial crisis from a SMEs perspective. Journal of Intellectual Capital, 15(2), 294–315. https://doi.org/10.1108/JIC-11-2013-0110

Eresia-Eke, C. E., & Raath, C. (2013). SMME Owners’ financial literacy and business growth. Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(13), 397–406. https://doi.org/10.5901/mjss.2013.v4n13p397

Gur, N., Babacan, M., Aysan, A. F., & Suleyman, S. (2023). Firm Size and Financing Behavior during COVID-19 Pandemic: Evidence from SMEs in Istanbul. Borsa Istanbul Review, 23(4), 804–817. https://doi.org/10.1016/j.bir.2023.02.001

jurnal pkm winda. (n.d.).

Koropp, C., Kellermanns, F. W., Grichnik, D., & Stanley, L. (2014). Financial Decision Making in Family Firms: An Adaptation of the Theory of Planned Behavior. Family Business Review, 27(4), 307–327. https://doi.org/10.1177/0894486514522483

Kunttu, A., & Torkkeli, L. (2015). Service innovation and internationalization in SMEs: Implications for growth and performance. Source: Management Revue, 26(2), 83–100. https://doi.org/10.1688/mrev-2015-02-Kunttu

Li, L., Chen, Z., & You, J. (2024). Exploring the impact of religious culture on financial constraints: The moderating role of environmental responsibility, innovation, and law enforcement on SMEs. Finance Research Letters, 69. https://doi.org/10.1016/j.frl.2024.106050

Mapping the Creative industries: a toolkit. (n.d.).

Rachmawati , 2024. (n.d.).

Saadah, K., & Setiawan, D. (2024). Determinants of fintech adoption: evidence from SMEs in Indonesia. LBS Journal of Management & Research, 22(1), 55–65. https://doi.org/10.1108/lbsjmr-11-2022-0076

Downloads

Published

2025-01-31

Issue

Section

Articles